Gunung Marapi Waspada, Pendaki Dilarang Rayakan HUT RI di Puncak

- Jumat, 16 Agustus 2019 | 14:56 WIB
Antara Foto/Arif Pribadi
Antara Foto/Arif Pribadi

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Merapi mengimbau para pendaki untuk tidak merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di puncak gunung.

Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Tanah Datar dan Agam, Sumatera Barat ini berstatus aktif sejak awal Agustus 2019 hingga Kamis (15/8/2019).

"Gunung Marapi masih berstatus waspada, kami imbau kepada wisatawan atau para pendaki untuk tidak merayakan HUT RI di atas puncak atau pun cadas gunung," kata Teguh Purnomo Petugas PGA Marapi di Bukittinggi, Jumat (16/8/2019).

Ia mengaku hingga pertengahan tahun 2019, aktivitas vulkanik di Gunung Marapi setiap harinya sangat fluktuatif atau cenderung tidak stabil.

"Pendaki atau masyarakat diimbau untuk tidak mendekati kawah atau puncak di radius tiga kilometer, karena bahaya jika terjadi letusan secara tiba-tiba," katanya.

Dari data PGA Gunung Marapi sepanjang 12-13 Agustus 2019, Gunung Marapi sudah mengalami tiga kali gempa tornillo atau gempa pada kedalaman dangkal serta tiga kali gempa vulkanik dalam.

Gunung Marapi yang memiliki ketinggian 2.891 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut memang menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan untuk mendaki.

"Untuk itu kami menyarankan kepada para pendaki sebaiknya berpikir terlebih dahulu dan mempertimbangkan faktor keselamatan sebelum mendaki," katanya.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X