Aparat TNI-Polri Gelar Silaturahmi dengan Masyarakat Papua
Silaturahmi aparat TNI-Polri dengan masyarakat Papua di Jakarta Pusat/Pendim 0501/JP BS
News

Aparat TNI-Polri Gelar Silaturahmi dengan Masyarakat Papua

Jaga silaturahmi dan kebhinnekaan.

Topan Caesario
Kamis, 22 Agustus 2019 16:23 WIB 22 Agustus 2019, 16:23 WIB

INDOZONE.ID - Aksi massa di sejumlah daerah di Indonesia, terkait dengan Provinsi Papua sejak 16 Agutsus 2019 lalu, mengundang keprihatinan berbagai pihak. Aksi massa yang mengandung unsur SARA ini, cenderung anarkis sekaligus memprihatinkan.

Mengantisipasi kejadian serupa terjadi di Ibukota, khususnya Jakarta Pusat. Aparat TNI-Polri di wilayah Jakarta Pusat menggelar pertemuan dengan masyarakat Papua yang ada di wilayah Jakarta Pusat di Hotel Oasis Amir, Jakarta Pusat.

Dimotori oleh Kapolrestro Jakarta Pusat Kombes Pol Harry Kurniawan dan Dandim 0501/JP BS Letkol Inf Wahyu Yudhayana, pertemuan ini dihadiri sejumlah tokoh masyarakat Papua, sepertiJan Waromi, Fery Fernando Yensenem, Yusak Merani, SE, Fredy Laritembun, Petrus Mote, Rauf Rumagesan, Dikson Worabay, Stevanus S. Wetipo.

Dandim 0501/JP BS menuturkan, Papua merupakan salah satu provinsi yang banyak memberikannya kenangan indah, kala bertugas di provinsi paling timur Indonesia tersebut di tahun 2006 lalu.

Menurutnya, sebagai negara yang terdiri dari beragam suku bangsa, seluruh warga negara Indonesia mendapatkan hak dan kewajiban yang sama. 

"Pada prinsipnya kebhinekaan ini harus tetap kita jaga, kami menjamin keamanan warga Papua dalam berkegiatan di wilayah Jakarta Pusat, kita berharap semua mendapatkan kebebasan dan hak yang sama sebagai warga negara Indonesia," kata Dandim.

Senada dengan Dandim 0501/JP BS, Kapolrestro Jakarta Pusat kombes pol Harry Kurniawan pun memiliki kenangan indah selama bertugas di Papua. "Saya cinta dan bangga bertugas di sana (Papua). Indahnya kebersamaan tanpa membedakan ras, suku dan agama. Ini yang harus kita wujudkan dan jaga," ujarnya. 

Sementara itu, perwakilan tokoh Papua yang hadir dalam kesempatan ini, menyayangkan aksi masa yang terjadi, sekaligus mengapresiasi kegiatan yang diadakan hari ini.

"Apa yang terjadi di Papua sangat disayangkan, karena rakyat Papua mencintai perdamaian dan menginginkan keharmonisan dalam perbedaan yang ada," kata perwakilan masyarakat Papua Fernando M.PI.

"Kami mengapresiasi silaturahmi ini, dan akan membantu pemerintah guna mendapatkan solusi yang baik perihal permasalahan di bumi Papua," timpa Jhon Mauri. MM.

    TAG
    Editor Media
    ARTIKEL LAINNYA
    LOAD MORE