Soal Wagub DKI, Anies Baswedan Minta DPRD Tanggung Jawab

- Kamis, 8 Agustus 2019 | 18:00 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (ANTARA/Nova Wahyudi).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (ANTARA/Nova Wahyudi).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meminta DPRD DKI menuntaskan tanggung jawab memilih wakil gubernur (wagub) DKI. Anies ingin para anggota dewan itu bergerak cepat karena masa tugas mereka berakhir pada 26 Agustus 2019. 

Sudah setahun Anies tanpa wakil ketika memimpin ibu kota. Padahal, DPRD DKI telah memilih dua calon yang bakal mengisi posisi itu, yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. 

Akan tetapi, nama wagub tidak kunjung diumumkan. Molornya pemilihan wagub karena rapat pimpinan gabungan (rapimgab) untuk membahas persoalan tersebut tidak kunjung terlaksana.

"Kita berharap DPRD segera menyiapkan agar segera bersidang karena ini adalah bulan terakhir DPRD periode ini bertugas. Harapan saya, mereka bisa tuntaskan sebelum selesai masa jabatannya," kata Anies. 

Anies ingin kinerja DPRD DKI periode kali ini masuk sejarah Jakarta. Terpilihnya wakil gubernur nanti pun bakal memudahkan tugas Anies menuntaskan masalah di ibu kota. 

"Kan catatan sejarahnya terjadi kekosongan gubernur, DPRD bertanggung jawab untuk mengisi kekosongan. Nah ini tinggal satu bulan, mudah-mudahan nanti mereka bersidang dan terpilih salah satu," kata Anies. 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X