Kominfo Masih Blokir Jaringan Internet di Manokwari dan Sorong

- Minggu, 8 September 2019 | 07:05 WIB
Kondisi bangunan yang terbakar pascakerusuhan di Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8). Kominfo hingga kini masih memblokir layanan internet di sana (Antara/Tomi).
Kondisi bangunan yang terbakar pascakerusuhan di Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8). Kominfo hingga kini masih memblokir layanan internet di sana (Antara/Tomi).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) masih memblokir jaringan internet di Manokwari dan Sorong, Papua Barat. Kominfo belum memberikan lampu hijau karena penyebaran hoaks masih tinggi di wilayah tersebut.

Kepala Biro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu, menyampaikan, penyebaran informasi hoaks, sejatinya menurun sejak 31 Agustus 2019. Namun, pihaknya masih memantau situasi untuk membuka akses layanan data di Manokwari dan Sorong. 

"Masih akan terus dipantau dalam satu atau dua hari ke depan," kata Ferdinandus. 

Pada 30 Agustus 2019 merupakan puncak penyebaran hoaks dan hasutan terkait isu Papua, yakni dengan jumlah url mencapai 72.500. Adapun distribusi hoaks berangsur menurun menjadi 42.000 url (31/8), 19.000 url (1/9), dan 6.060 url (6/9).

“Pemerintah kembali mengimbau agar kita semua untuk tidak menyebarkan informasi hoaks, kabar bohong, hasutan dan provokasi melalui media apapun termasuk media sosial, agar proses pemulihan kembali seluruh wilayah Papua dan Papua Barat cepat berlangsung," ujar Ferdinandus.

Sementara itu, Kominfo sudah membuka jaringan internet di 21 Kabupaten di Papua, antara lain Nabire, Dogiyai, Keerom, Puncak Jaya, Puncak, Asmat, Boven Digoel, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Intan Jaya, Yalimo, Lanny Jaya, Mappi, Tolikara, Nduga, Supiori, Waropen, Merauke, Biak, Yapen, dan Sarmi.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X