Kemensos Siapkan Dana Stimulan Rp 1 Miliar Untuk Korban Konflik Papua

- Kamis, 5 September 2019 | 09:32 WIB
ANTARA/Muhammad Zulfikar
ANTARA/Muhammad Zulfikar

Kementerian Sosial (Kemensos) menyiapkan dana stimulan bagi para korban terdampak konflik di Papua, sedikitnya membutuhkan anggaran hingga Rp 1 miliar pada tahap pertama khusus penanganan modal usaha para korban.

"Ada kelompok masyarakat yang menjadi korban kehilangan tempat tinggal atau sumber mata pencahariannya dirusak. Inilah yang diberikan dana stimulan," kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hikmat di Jakarta, Rabu (4/9) malam.

Berdasarkan data Kemensos, lanjut Harry, tercatat 224 usaha milik pedagang di Jayapura dirusak atau dihancurkan, kemudian 31 di Sorong, dan 165 di Manokwari dan di titik lain yang sedang diidentifikasi.

Menurut dia, pada prinsipnya dana stimulan ditujukan agar usaha atau sumber mata pencaharian para korban dengan modal menengah ke bawah bisa tumbuh kembali setelah dibantu. Nantinya, setiap pelaku usaha akan diberikan dana stimulan oleh pemerintah sebesar Rp 5 juta.

Harry menambahkan, pemerintah juga menganggarkan kepada ahli waris korban jiwa, masing-masing sebesar Rp 15 juta dan biaya renovasi rumah maksimal Rp 25 juta. Namun sebelum dana diserahkan, pemerintah akan memastikan terlebih dahulu data para korban terutama kelompok yang berpenghasilan rendah.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X