Veronica Koman Akhirnya Angkat Bicara

- Sabtu, 14 September 2019 | 20:27 WIB
Veronica Koman. (Facebook/Veronica Koman)
Veronica Koman. (Facebook/Veronica Koman)

Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Veronica Koman akhirnya angkat bicara terkait statusnya sebagai tersangka provokasi mahasiswa Papua yang dikeluarkan Polda Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Setelah lama memutuskan untuk diam, Veronica tak kuasa lagi untuk membantah semua tuduhan yang ditujukan kepadanya. Dia memberikan klarifikasi lewat media sosial Facebook dan juga Twitter.

Menurut Veronica Koman, kasus yang menimpanya hanyalah upaya pengalihan isu dari masalah pokok yang sebenarnya sedang terjadi di Papua.

"Kasus kriminalisasi terhadap saya hanyalah satu dari sekian banyak kasus kriminalisasi dan intimidasi besar-besaran yang sedang dialami orang Papua saat ini," tulis Veronica.

Wanita yang disapa Vero itu justru menilai pemerintah tak kompeten dalam menyelesaikan konflik berkepanjangan di Papua.

"Hingga harus mencari kambing hitam atas apa yang terjadi saat ini. Cara seperti ini sesungguhnya sedang memperdalam luka dan memperuncing konflik Papua," jelasnya.

Dalam keterangan resminya, wanita yang mengaku sebagai pengacara resmi Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) tersebut, menolak segala upaya pembunuhan karakter yang sedang ditujukan kepadanya.

"Kepolisian telah menyalahgunakan wewenangnya dan sudah sangat berlebihan dalam upayanya mengkriminalisasi saya, baik dalam caranya maupun dalam melebih-lebihkan fakta yang ada," tutur Vero.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X