The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fadli Zon: Pemerintah Jangan Abaikan 600 WNI Eks ISIS
Anggota DPR Fadli Zon. (ANTARA/Boyke Ledy Watra)
News

Fadli Zon: Pemerintah Jangan Abaikan 600 WNI Eks ISIS

Kewajiban konstitusional.

Rabu, 05 Februari 2020 20:04 WIB 05 Februari 2020, 20:04 WIB

INDOZONE.ID - Politisi Gerindra Fadli Zon meminta pemerintah tidak abai dan berusaha memulangkan 600 Warga Negara Indonesia (WNI) mantan anggota Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Timur Tengah.

"Harus ada usaha untuk mengembalikan mereka kepada jalan yang benar sebagai warga negara dan harus difasilitasi. Jangan mereka diabaikan, karena kita punya kewajiban konstitusional melindungi tiap warga negara Indonesia," ucapnya saat dikonfirmasi Indozone, Rabu, (5/2/2020).

Menurutnya, selain kewajiban pemerintah Indonesia untuk melindungi semua warga negaranya, 600 WNI di Timur Tengah dinilainya sebagai korban propaganda ISIS. Apalagi, jika para WNI eks ISIS tersebut secara sukarela ingin pulang ke Indonesia.

"Kalau mereka, ibaratnya tersesat karena doktrin tertentu seperti ISIS, ya harus dikembalikan. Tentu ada protokol yang harus dijalani, semacam interogasi, mereka harus dilihat apa yang terjadi, kronologi seperti apa, di-briefing kembali sebagai warga negara," ujarnya.

Sebelumnya, muncul wacana pemulangan WNI bekas anggota Islamic State in Iraq and Syria (ISIS) oleh Kementerian Agama. Hal itu menuai pro dan kontra dari berbagai kalangan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Richardo
Mula Akmal
Fauzi

Fauzi

Editor
Richardo

Richardo

Writer
Mula Akmal

Mula Akmal

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US