Tingkatkan Kinerja Ekspor Indonesia, Wamendag Kunjungi Norwegia

- Jumat, 31 Januari 2020 | 12:17 WIB
Wamendag Jerry Sambuaga saat menghadiri peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Norwegia, Selasa (28/1/2020). (Dok. Kemendag)
Wamendag Jerry Sambuaga saat menghadiri peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Norwegia, Selasa (28/1/2020). (Dok. Kemendag)

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga menghadiri peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Norwegia. Kunjungannya Norwegia ini sekaligus mengawali rangkaian kunjungan kerja Wamendag ke beberapa negara sebagai upaya meningkatkan kinerja ekspor Indonesia.

”Kunjungan ke Norwegia merupakan salah satu langkah meningkatkan hubungan kerja sama dalam bidang diplomatik, ekonomi, serta perdagangan antar-kedua negara. Hal ini akan menjadi hadiah istimewa dalam perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Norwegia,” kata Wamendag dalam pernyataan resminya yang dikirimkan langsung ke redaksi Indozone, Jumat (31/1/2020).

Pada kesempatan itu, Jerry Sambuaga menyampaikan pada tahun 2010, Indonesia dan European Free Trade Association (EFTA), dengan Norwegia sebagai salah satu anggotanya, memulai perundingan kerja sama ekonomi dan perdagangan secara menyeluruh dalam kerangka Indonesia-EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA).

“Saya melihat hubungan perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Norwegia masih dapat ditingkatkan melalui implementasi IE-CEPA,” ujar wakil menteri muda ini.

-
Wamendag Jerry Sambuaga (kiri) nampak tengah asik ngopi sesaat sebelum menghadiri peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Norwegia, Selasa (28/1/2020). (Dok. Kemendag)

Lanjut dia, IE-CEPA telah ditandatangani pada Desember 2018 lalu, namun pelaksanaannya masih menunggu proses ratifikasi dari masing-masing negara yang menandatangani perjanjian tersebut.

"Sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi), salah satu tugas Wamendag adalah mempercepat penyelesaian dan impelementasi IE-CEPA sesuai jadwal yang telah disepakati,” jelasnya.

Pada kunjungan kerja kali ini, Wamendag dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan State Secretary of Ministry of Trade and Industry, Geir Inge Siversten. Pertemuan ini akan membahas hubungan diplomatik dan hubungan perdagangan serta investasi kedua negara.

Perlu diketahui, kedua negara secara resmi membuka hubungan diplomatik pada 25 Januari 1950. Saat itu,  Norwegia menjadi negara Eropa pertama yang mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia. Sejak itu, hubungan kedua negara terus meningkat dan menguat di berbagai bidang yang berkembang dalam berbagai bentuk kerja sama.

Total nilai perdagangan Indonesia dengan Norwegia pada 2018 mencapai US$242,13 juta. Nilai total investasi Norwegia di Indonesia selama periode 2014–2018 mencapai US$40,2 juta.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X