Di Tengah Pandemi Corona, Korut Tembakkan Banyak Rudal

- Minggu, 29 Maret 2020 | 14:21 WIB
Ilustrasi rudal yang ditembakkan Korut (REUTERS/KCNA)
Ilustrasi rudal yang ditembakkan Korut (REUTERS/KCNA)

Penembakan dua buah rudal balistik jarak pendek ke lautan lepas sebelah timur pantai pada Minggu (29/3/2020), yang dilakukan oleh Korea Utara dinilai tidak pantas.

Pasalnya, dunia tengah dibuat khawatir dengan pandemi corona yang semakin meresahkan banyak orang.

Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan mengatakan, dua rudal itu ditembakkan dari kawasan pantai Wonsan dan melayang sejauh 230 kilometer pada ketinggian maksimum 30 kilometer.

"Dalam situasi di mana dunia mengalami kesulitan akibat corona, tindakan militer semacam ini oleh Korea Utara sangat tidak pantas dan kami menyerukan penghentian segera," kata JCS Korea Selatan dalam sebuah pernyataan yang dilansir dari kantor berita Yonhap.

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan yang ditembakkan itu tampaknya rudal-rudal balistik, dan rudal-rudal itu tak mendarat di wilayah Jepang atau zona ekonomi eksklusifnya.

-
Presiden Korea Utara, Kim Jong Un memantau proses peluncuran rudal. (REUTERS/KCNA)

Rudal-rudal itu merupakan peluru yang kedelapan dan kesembilan yang ditembakkan dalam empat putaran uji coba bulan ini saat pasukan Korea Utara sedang melakukan latihan militer, yang biasanya diawasi oleh pemimpin Kim Jong Un.

Itu adalah rudal terbanyak yang pernah ditembakkan dalam satu bulan oleh Korut, menurut penghitungan oleh Shea Cotton, peneliti senior di Pusat Kajian Nonproliferasi James Martin.

Sejauh ini semua rudal yang ditembakkan tahun ini berukuran kecil dan berjarak pendek seperti KN-24 yang ditembakkan selama peluncuran terakhir pada 21 Maret.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X