Begini Cara Polda Metro Minimalisir Aksi Kejahatan yang Meningkat

- Selasa, 21 April 2020 | 15:09 WIB
Ilustrasi pelaku tindak kriminal. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Ilustrasi pelaku tindak kriminal. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Aksi kejahatan yang terjadi di wilayah Ibu Kota dan sekitarnya semakin liar, bahkan di siang hari aksi kejahatan tidak sungkan-sungkan dilakukan oleh para pelaku. Pihak kepolisian dalam hal ini Polda Metro Jaya memiliki cara sendiri untuk meminimalisir aksi kejahatan itu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan pihaknya akan memetakan titik-titik wilayah yang rawan terjadi tindakan kriminal. Pemetaan wilayah itu dilakukan oleh Polsek dan Polres di daerahnya masing-masing.

"Sesuai STR Kapolri untuk kedepankan upaya preventif dan preentif, kemudian Pak Kapolda memerintahkan jajarannya semua di wilayah di bawah kendali Dir Krimum untuk memetakan wilayah rentan kejahatan," kata Kombes Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (21/4/2020).

Pemetaan yang dilakukan itu untuk mengumpulkan informasi titik mana saja lokasi yang sering terjadi aksi kejahatan. Polisi akan mendata titik-titik tersebut sebelum akhirnya polisi akan meningkatkan patroli di titik-titik rawan tindakan kejahatan tersebut.

"Kemudian dari hasil hal tersebut, kita kedepankan preventif dan preentif, patroli dimana kejahatan yang dominan saat ini, caranya dengan patroli skala besar ditempat-tempat yang sering terjadi khususnya curat, curas dan street crime," ungkap Yusri.

Lebih jauh Yusri mengatakan pihaknya akan menggelar razia di titik-titik rawan aksi kejahatan itu. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir aksi kejahatan di wilayah Ibu Kota dan sekitarnya.

"Kita juga melaksanakan operasi dan razia di sektor-sektor khusus daerah yang rawan guna mencegah terjadinya kejahatan itu," kata Yusri.

Polisi juga memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat agar lebih waspada terhadap aksi kriminal. Dia mengimbau masyarakat agar selalu berhati-hati apalagi di saat malam hari.

"Kita juga imbau kepada masyarakat agar lebih waspada untuk tidak jadi korban kejahatan khususnya di waktu malam hari," papar Yusri.

Selain itu, dia juga mengatakan pihaknya akan bertindak tegas terhadap para pelaku yang mencoba melakukan aksi kriminal. Polda Metro Jaya berharap angka kriminal di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya semakin berkurang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X