Mahfud MD Diprediksi Jadi Menkumham, Pengamat: Pas!

- Senin, 21 Oktober 2019 | 14:59 WIB
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD. (Instagram/@mohmahfudmd)
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD. (Instagram/@mohmahfudmd)

Mahfud MD menjadi calon menteri setelah bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10). Untuk posisi apa, Mahfud enggan menjawab.

Mahfud hanya mengatakan pertemuannya dengan Jokowi membahas masalah penegakan hukum dan HAM. Jika melihat topik yang dibahas, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut kemungkinan besar mendapatkan posisi sebagai Menteri Hukum dan HAM (Menkumham).

Pengamat komunikasi politik Heri Budianto menilai, posisi tersebut sangat cocok jika diberikan kepada Mahfud. Alasannya?

"Kalau melihat rekam jejaknya (Mahfud), Menteri Hukum dan HAM pas (untuknya). Mahfud mempunyai latar belakang mantan Ketua MK, mantan Menteri Pertahanan," tutur Heri di Jakarta.

Direktur Polcomm Institute ini juga menilai, latar belakang Mahfud sesuai dengan posisi Menkumham. Seperti diketahui, pria asal Sampang, Jawa Timur, itu merupakan Guru Besar Hukum Tata Negara di Indonesia.

"Jika nantinya menjadi Menkumham, sepertinya Mahfud kalangan profesional pertama yang akan menduduki jabatan itu," tutur Heri. 

Teka-teki posisi Mahfud MD di susunan kabinet Jokowi-KH Ma'ruf Amin akan terjawab pada Rabu (23/10). Saat itu Jokowi akan memperkenalkan sekaligus melantik para pembantunya untuk menjalankan roda kepemimpinan lima tahun ke depan. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X