15 Juta Data Pengguna Bocor ke Publik, Ini Penjelasan Tokopedia

- Minggu, 3 Mei 2020 | 10:11 WIB
Tokopedia. (Dok. Tokopedia)
Tokopedia. (Dok. Tokopedia)

Sebanyak 15 juta data pengguna Tokepedia diduga bocor ke publik. Konon peretasan tersebut terjadi pada bulan Maret 2020. Data yang tersebar berupa email, nama, dan hash password pengguna.

Dilansir Reuters, Minggu (3/5/2020), pihak Tokopedia pun mengakui bahwa ada upaya peretasan data milik pengguna.

"Kami menemukan adanya upaya pencurian data terhadap pengguna Tokopedia," kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak.

Lebih lanjut Nuraini menjelaskan, meski adanya upaya pencurian data, Tokopedia mengklaim bahwa informasi penting milik pengguna tetap aman dan terlindungi.

"Password milik pengguna telah terlindungi dan dienkripsi," ujarnya.

"Saat ini, kami terus melakukan investigasi, dan belum ada informasi lebih lanjut yang bisa kami sampaikan," jelas Nuraini.

Sebelumnya, akun Twitter @underthebreach mengatakan ada sekitar 15 juta pengguna Tokopedia yang datanya disebarkan dalam forum online. Data tersebut diperoleh sekitar bulan Maret lalu.

Data yang tersebar berupa email, nama, dan hash password pengguna. Selain itu, data lain yang diretas seperti tanggal lahir, kode aktivasi email, kode reset password, detail lokasi, ID messenger, hobi, pendidikan, waktu pembuatan akun hingga terakhir log-in.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X