The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Belajar di Tengah Pandemi Corona, Guru Ini Manfaatkan TikTok
Titik Nur Istiqomah, guru di SD Muhammadiyah 1 Muntilan, Jawa Tengah. (Twitter/BNPB_Indonesia)
News

Belajar di Tengah Pandemi Corona, Guru Ini Manfaatkan TikTok

Butuh teknologi.

Sabtu, 02 Mei 2020 15:12 WIB 02 Mei 2020, 15:12 WIB

INDOZONE.ID - Kegiatan belajar dan mengajar sementara waktu dilakukan secara online untuk memutus mata rantai penularan virus corona (Covid-19). Namun belajar dari rumah juga dinilai sebagai tantangan sendiri baik bagi guru, siswa, maupun orangtua.

Di saat seperti ini, dibutuhkan teknologi untuk mempermudah proses pembelajaran. Mau tidak mau, anak-anak harus akrab dengan gadget untuk belajar dan mengerjakan tugas. Inilah yang menjadi tantangan bagi para guru.

"Memang saat ini pendidikan kita mengalami the new normal, mau tidak mau pendidikan membutuhkan teknologi. Selama ini bagaimana kita menjauhkan gadget dari anak-anak, padahal di keadaan seperti ini para pendidik ditantang berkreasi memajukan pendidikan dengan teknologi yang ada," ujar Titik Nur Istiqomah, seorang guru di SD Muhammadiyah 1 Muntilan, Jawa Tengah dalam video conference, Sabtu (2/5/2020).

Di tengah kondisi ini, Titik mengatakan kunci kesuksesan pembelajaran dari rumah adalah komunikasi yang baik antara guru, orangtua, dan siswa. Selama ini banyak yang mengartikan belajar dari rumah sebagai 'libur'. Padahal, seharusnya anak-anak tetap belajar dari rumah.

"Banyak yang mengartikan anak-anak itu libur tapi kan sebenarnya anak-anak tidak libur, hanya belajarnya di rumah. Kemudian kita berikan pemahaman kepada orangtua dan anak bahwa belajar akan menjadi sesuatu yang menyenangkan," kata Titik.

Titik kemudian sempat memanfaatkan TikTok untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dari rumah. Ini dilakukan karena menurutnya, para siswa sudah akrab dengan aplikasi ini.

"Kami menggunakan berbagai media, kami pernah gunakan TikTok, karena anak-anak kami sedang menyukai media itu. Dan kami beri pengertian kepada orangtua, karena selama PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) ini yang tahu kondisi anak 24 jam kan orangtua," pungkas Titik.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US