SBY Minta Masyarakat Agar Lebih 'Beradab' Mengkritisi Pemerintah
Susilo Bambang Yudhoyono. (photo/ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/)
News

SBY Minta Masyarakat Agar Lebih 'Beradab' Mengkritisi Pemerintah

Rabu, 08 April 2020 23:58 WIB 08 April 2020, 23:58 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta masyarakat agar tidak berlebihan dalam mengkritisi kinerja pemerintah. Ia juga meminta masyarakat untuk lebih mengedepankan adab dan menggunakan kata-kata yang baik.

Di samping itu, SBY khawatir sejumlah pejabat pemerintah tak bisa menerima kata-kata yang keras dan kasar, meski telah berupaya menekan angka penyebaran virus corona di tanah air.

"Karena merasa dihina, beliau-beliau (di pemerintahan) ingin mengganjar para 'penghina' itu dengan penalti hukuman," kata SBY lewat keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Menutur SBY, saat ini pemerintah telah berupaya maksimal dan serius menangani wabah virus corona. Meski begitu, pemerintah tetap bekerja dengan segala keterbatasan yang dimiliki, termasuk keterbasan keuangan.

"Pemerintah telah berupaya untuk serius menanggulangi wabah Corona ini," kata SBY.

SBY juga mengatakan bahwa ia pernah mengalami hal yang sama, di mana waktu itu Indonesia mengalami krisis ekonomi digital. Hal inilah yang membuat dirinya meminta masyarakat untuk tidak menuduh pemerintah karena dianggap tidak melakukan apa-apa.

"Saat itu saya tegang, letih, dalam suasana seperti itu, secara bertubi-tubi dan di banyak tempat saya diserang dan dihina. Di parlemen, di media massa, dan di jalanan dengan macam-macam unjuk rasa. Kata-katanya sangat kasar dan menyakitkan," ujar SBY.

Ia pun mengajak semua pihak untuk sama-sama mengontrol bahasa dan ucapan dengan pandangan yang baik. Untuk itu, ia juga meminta masyarakat mendukung kebijakan yang telah pemerintah terapkan, termasuk berada di rumah.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US