Najwa Shihab Sindir Usulan Bebaskan Napi Koruptor Gara-gara Corona
Najwa Shihab (Instagram/@najwashihab)
News

Najwa Shihab Sindir Usulan Bebaskan Napi Koruptor Gara-gara Corona

Minggu, 05 April 2020 20:48 WIB 05 April 2020, 20:48 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah, melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), berencana untuk membebaskan para narapidana termasuk narapidana kasus korupsi di tengan pandemi virus corona (Covid-19).

Tak ayal, usulan merevisi Peraturan Pemerintahan Nomor 99 Tahun 2012 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak warga Binaan Permasyarakatan, mendapat tentangan sejumlah pihak.

Yasonna  mengatatkan usulan itu untuk membebaskan para napi yang menghuni sel-sel overkapasitas, termasuk napi koruptor dengan mempertimbangkan aspek kemanusiaan.

Jurnalis Najwa Shihab pun memberikan sindiran pedas terhadap usulan ini. Wanita yang akrab disapa Mbak Nana ini mengakui bahwa memang banyak lapas yang over kapasitas di Indonesia.

Sehingga, pembebasan napi dengan syarat ketat untuk mencegah penyebaran virus corona, dapat diterima.

"Secara prinsip alasan ini sangat bisa diterima. Kondisi lapas kita memang tidak manusiawi, orang bertumpuk seperti pindang, bahkan tidur bergantian," ujar Najwa dalam video yang diunggah di kanal YouTubenya.

Namun, alasan tersebut menjadi tak relevan jika diterapkan kepada napi koruptor. Menurut Nana, lapas napi koruptor berbeda dengan lapas napi umum.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Najwa Shihab (@najwashihab) on

"Alih-alih berdesak-desakan dengan napi lain sehingga bisa tertular corona, para koruptor di Sukamiskin bahkan ada yg bisa mandi air panas di kamar mandi pribadi dan olahraga dgn alat khusus di dalam sel eksklusif mereka," terangnya.

Dia lalu membeberkan fakta bahwa sudah beberapa kali Kemenkumham mencoba merevisi peraturan untuk meringankan hukuman koruptor. Tentu ini membuat publik jadi bertanya-tanya.

"Oh ya, sekalian kalau memang mau cek lapas koruptor, titip cek lagi sel Papa Setya Novanto dan kawan-kawannya di Sukamiskin, masih di sel lagi nonton Netflix atau lagi plesiran makan di warung Padang?" sindir Najwa.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Najwa Shihab (@najwashihab) on

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor