Tiongkok Berkabung untuk Korban Virus Corona, Dipimpin oleh Presiden Xi Jinping

- Sabtu, 4 April 2020 | 15:57 WIB
Presiden Tiongkok Xi Jinping. (REUTERS/Florence Lo)
Presiden Tiongkok Xi Jinping. (REUTERS/Florence Lo)

Korban virus corona di Tiongkok tercatat 81.639 kasus, 3.326 jiwa meninggal dunia, dan 76.755 lainnya sembuh. Virus yang disebut juga Covid-19 pertama kali merebak di Wuhan, Tiongkok.

Akibat virus corona, Tiongkok juga nyaris lumpuh. Beberapa wilayah di-lockdwon, beberapa pabrik dan perusahaan pun terpaksa tutup. Jumlah korban jiwa tak bisa ditekan.

Tiongkok pun mengadakan hari berkabung untuk korban virus corona, Sabtu, (4/4/2020). Dipimpin langsung oleh Presiden China Xi Jinping, mengheningkan cipta dilakukan selama tiga menit, seperti diwartakan South China Morning Post.

Rakyat Tiongkok berhenti melakukan semua aktivitasnya saat itu. Mereka menundukkan kepala dan berdoa dalam diam.

-
Tradisi Ching Ming yang dilakukan masyarakat Tiongkok (REUTERS)

Ching Ming

Hari berduka ini juga bertepatan dengan tradisi Ching Ming, festival memberi penghormatan untuk leluhur. Sanak saudara yang masih hidup membersihkan makam.

Di tengah pandemi virus corona ini, tradisi Ching Ming rupanya masih dilakukan oleh masyarakat Tiongkok. Namun ada juga yang memilih tetap berdiam diri dan memberikan pesembahan kepada leluhur di rumah.

Makam-makam yang biasa tampak padat didatangi orang yang ingin melaakukan Ching Ming, kini tampak lenggang. Hanya beberapa yang datang untuk membersihkan makam leluhur.

Mereka yang datang memakai masker. Mereka juga membawa cairan disinfektan.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X