Menanti Dampak Ekonomi Pasar Mingguan di Kawasan Perbatasan

- Rabu, 4 September 2019 | 16:59 WIB
  Suasana uji coba pasar mingguan di PLBN Motaain, Belu, Nusa Tenggara Timur. (Humas BNPP)
Suasana uji coba pasar mingguan di PLBN Motaain, Belu, Nusa Tenggara Timur. (Humas BNPP)

Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) melakukan uji coba pasar mingguan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, Belu, Nusa Tenggara Timur, Selasa (3/9).

Uji coba ini menjadi bahan evaluasi BNPP untuk medorong dibukanya pasar mingguan di enam PLBN lain.

Deputi Bidang Pengelolaan Batas Negara BNPP Robert Simbolon menjelaskan, uji coba ini sekaligus meningkatkan kegiatan ekonomi kawasan yang berbatasan dengan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) itu.

Keberadaan pasar mingguan ini, sambung Robert, juga memudahkan masyarakat sekitar PLBN Motaain perbatasan Indonesia-RDTL dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Kedepannya pasar ini akan dibuka untuk masyarakat perbatasan setiap satu minggu sekali yakni pada hari Selasa," ujar Robert dikutip dari pemberitaan BNPP.go.id, Rabu (4/9).

Robert menambahkan uji coba pasar mingguan di PLBN Motaain menjadi persiapan untuk membuka kegiatan yang sama di enam PLBN lainnya, yakni di PLBN Wini, PLBN Motamasin, PLBN Skouw, PLBN Aruk, PLBN Entikong, dan PLBN Badau.

Rencananya pasar mingguan di PLBN Motaain dibuka secara umum pada Hari Ulang Tahun BNPP pada 17 September mendatang. 

"Pasar di enam PLBN lainnya sedang dalam proses persiapan untuk dapat digunakan juga segera," ujar Robert.

Pasar perbatasan ini merupakan hasil pembangunan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku anggota BNPP. 

Pasar perbatasan termasuk ke dalam program pengembangan PLBN yang dilaksanakan pada 2017, yang juga meliputi pembangunan mess pegawai, Wisma Indonesia, tempat pencucian mobil, x-ray mobile, lapangan olahraga, hingga pos pengaman perbatasan (Pamtas) TNI dan Polri.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X