Siapa Penerus Bisnis Setelah Ciputra Meninggal?
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
News

Siapa Penerus Bisnis Setelah Ciputra Meninggal?

Jumat, 29 November 2019 11:22 WIB 29 November 2019, 11:22 WIB

INDOZONE.ID - Rabu (27/11), Indonesia telah kehilangan sosok maestro dalam bidang properti, yaitu Ir. Ciputra. Ciputra meninggal pada usia 88 tahun di Singapura.

Tak hanya dalam bidang properti, pria yang akrab disapa Pak Ci ini juga memiliki beragam karya lainnya. Seperti di bidang pendidikan, seni dan juga kesehatan. Karyanya yang begitu memukau membuatnya menerima penghargaan Tanda Kehormatan Satyalencana dari Presiden Indonesia.

Rina Ciputra Sastrawinata, selaku anak pertama Ciputra sekaligus Komisaris PT Ciputra Development mengaku sangat kehilangan sosok ayah, kakek, sekaligus motivator dan inspirator.

ciputra
ANTARA/ Zubi Mahrofi

"Kami generasi-generasi Ciputra selanjutnya akan mempertahankan nilai-bilai kehidupan yang selama ini sudah selalu diajarkan ayah saya," ujar Rina saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (28/11).

Terkait dengan bisnis perusahaan Ciputra, Rina mengungkapkan tak ada yang berubah. Perusahaan tersebut kata Rina akan berjalan dan tetap mempertahankan struktur organisasi yang sedang berjalan sekarang.

"Karena ayah saya, adalah Komisaris Utama, ke bawahnya tidak akan ada perubahan apa pun," ujar Rina.

Rina menambahkan, selama ini PT Ciputra Development bergerak secara mandiri. Sedangkan Ciputra bertugas sebagai pemberi saran dan arahan untuk pembangunan yang akan dilakukan selanjutnya.

"Pak Ciputra sebagai komisaris utama, sebagai mentor selalu menyebut dirinya sebagai creative navigator. Secara bisnis tidak akan ada yang berubah, tapi kami jelas akan kehilangan navigator," jelas Rina.

ciputra
ANTARA/ Zubi Mahrofi

Di sisi lain, dari segi bisnis properti, Nararya Ciputra Sastrawinata sebagai generasi ke-3 Ciputra yang sekaligus Direktur Ciputra Residence mengatakan, wafatnya sang "Raja Properti" tidak akan jadi hambatan untuk pengembangan proyek ke depannya.

"Ke depan kami sudah mempersiapkan beberapa rencana. Tinggal melihat waktu yang tepat untuk announce ke masyarakat. Kami sebagai generasi penerus sudah menyiapkan dan bekerja sebaik mungkin," ucap Nararya.

Ia juga menambahkan bahwa generasi ke-3 juga siap melanjutkan warisan karya milik Ciputra. Beberapa orang cucu Ciputra diketahui sudah aktif di perusahaan tersebut, dan mengemban jabatan penting dalam perusahaan. Ini sesuai dengan keinginan dari Ciputra.

ciputra
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Jasad Ciputra rencananya akan dimakamkan di pemakaman keluarga pada Kamis depan, 5 Desember 2019 di Citra indah, Cileungsi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU