Bila Tol Laut Sukses, Harga Barang di Wilayah Terpencil Bisa Lebih Murah

- Jumat, 8 Mei 2020 | 17:50 WIB
Ilustrasi pengiriman barang.(freepik)
Ilustrasi pengiriman barang.(freepik)

Program tol laut yang sudah berjalan. Program yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi ini bisa lebih efektif dan efisien.

Salah satu daerah yang sudah merasakan manfaat dari keberadaan program tol laut yaitu Kabupaten Morotai, kepulauan Kepulauan Maluku. Tak hanya berhasil menekan disparitas harga antara daerah, namun tol laut juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mengoptimalkan muatan balik kapal sehingga produk asli daerah setempat dapat dipasarkan luar pulau. 

Dijelaskan oleh Bupati Pulau Morotai, Benny Laos bahwa daerahnya telah mendapatkan pelayanan Tol Laut selama tiga tahun, tepatnya dari tahun 2017, dan secara keseluruhan hasilnya sudah cukup baik, walaupun diharapkan adanya penyempurnaan aturan sehingga pelayanan ini dapat lebih dirasakan oleh masyarakat. 

"Pengisian muatan balik merupakan program prioritas Pemkab dan kami tidak hanya mengajak tapi juga mendorong bahkan memfasilitasi masyarakat dengan memberikan kemudahan dan insentif. Hasil masyarakat tersebut di jual ke pulau Jawa melalui Surabaya sesuai tujuan kapal Tol Laut dari Morotai ke Surabaya," kata Benny dalam keterangannya.

Ia menambahkan, selama ini sudah banyak sekali masyarakat yang berpartisipasi dengan mengirimkam hasil hutan, perkebunan dan perikaanannya. Terakir bulan lalu itu sebanyak 40 kontainer yang diisi sebagai muatan balik tol laut. Dan yang membuat pihaknya bangga dan bersyukur respon dari pembeli di pulau Jawa sangat baik. Hal ini dapat dilihat pembelian yang setiap waktu terus bertambah.

"Selama masa Covid-19 ini peran serta masyarakat untuk mengirimkan barang yang ingin dijual ke pulau Jawa menjadi meningkat. Bahkan rencananya masyarakat akan mengirimkan lebih dari 40 kontainer tapi karena keterbatasan daya angkut dan kapasitas kapal akhir hanya 40 kontainer," pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X