Saat Warga Tiongkok 'Menikmati' Wabah Virus Korona

- Selasa, 11 Februari 2020 | 14:33 WIB
Fan Yi, salah satu orang yang menikmati bekerja dari rumah. (BBC)
Fan Yi, salah satu orang yang menikmati bekerja dari rumah. (BBC)

Sampai sekarang, virus korona masih menjadi ketakutan bagi masyarakat dunia. Apalagi korban yang meninggal akibat virus korona semakin bertambah, yakni sebanyak 1.016 orang.

Dilansir dari BBC, untuk mencegah penyebaran virus korona, hampir seluruh warga Tiongkok akhirnya bekerja dari rumah. Salah satunya adalah Jeffrey Broer yang menikmati bekerja dari rumah. Seorang penasihat investasi dan dosen dari Universitas Hongkong ini sudah bekerja dari rumah sejak Tahun Baru Imlek.

Jeffrey Broer melakukan proses mengajarnya melalui video sessions bersama mahasiswanya. Ia pun mengaku merindukan berkomunikasi tatap muka dengan para mahasiswanya, meskipun itu tidak mungkin terjadi sekarang. 

-
Jeffrey Broer, dosen di Universitas Hongkong. (BBC)

Jutaan orang telah bekerja dari rumah, karena pemerintah melarang warganya untuk keluar rumah. Hal ini dilakukan sebagai perlindungan awal untuk mencegah penularan virus korona.

Meski terdengar membosankan karena harus seharian di rumah, tapi banyak yang menikmati kesempatan ini. Waktu bersama keluarga pun bisa dinikmati lebih lama.

Henry Chang yang tinggal di Shanghai juga menyukai bekerja dari rumah. Ia menggunakan alat konferensi video seperti Zoom and Google Meet untuk berbincang dengan teman-temannya di Inggris.

-
Fan Yi, salah satu orang yang menikmati bekerja dari rumah. (BBC)

Selain itu ada Fan Yi yang mengaku lebih senang bekerja dari rumah, tapi dirinya juga bersimpati bagi teman-teman lain yang tidak beruntung. 

"Saya lebih khawatir dengan orang-orang yang terkena dampak virus ini, terutama orang-orang di Wuhan. Saya merasa beruntung hanya terjebak di dalam ruangan, dibandingkan dengan kepanikan mereka dan hal-hal yang mereka derita," kata Fan Yi yang dikutip Indozone pada BBC, Selasa (11/2/2020).

Bekerja Jadi Lebih Mudah

Alvin Foo juga bekerja dari apartemennya di Shanghai dan menikmati kebebasan yang diberikan padanya. Ia mengaku mendapat banyak hal positif yang didapat setelah mencoba bekerja dari rumah.

"Hampir semua hal dapat dilakukan dari jarak jauh, masalahnya jadi benar-benar efektif," kata Alvin Foo.

-
Alvin Foo mengaku lebih suka bekerja dari rumah karena banyak hal positif yang didapatnya. (BBC)

Yup, teknologi sangat membantunya agar selalu terhubung dengan timnya sehingga mereka masih bisa mengadakan meeting atau pertemuan dari jarak jauh. 

"Hal positif yang bisa didapat yaitu bekerja dari rumah akan membantu kami untuk bekerjasama dengan lebih baik serta mengembangkan strategi masa depan untuk bekerja dari mana saja untuk perusahaan," pungkasnya.

Selain itu, hal positif lain yang dia lihat dari bekerja dari rumah adalah bisa menghabiskan waktu berkualitas dengan orang yang dicintai. Kamu bisa tetap bekerja, tapi juga bisa menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X