Pihak Bina Marga: Mau di GBK atau Monas, Formula E Tetap Jalan
Lintasan Formula E masih menunggu keputusan hasil pertemuan Gubernur DKi dan Presiden RI (Twitter/@Jakarta_ePrix)
News

Pihak Bina Marga: Mau di GBK atau Monas, Formula E Tetap Jalan

Tinggal tunggu keputusan.

Senin, 10 Februari 2020 21:07 WIB 10 Februari 2020, 21:07 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) malam ini guna membahas ajang balapan mobil listrik atau Formula E. Pertemuannya terkait area Monumen Nasional (Monas) yang akan menjadi lintasan sirkuit balap.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho, mengatakan, pertemuan itu akan membahas ihwal lokasi rute lintasan Formula E yang sempat ramai dibicarakan. 

Apalagi, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) sudah memberikan izin penggunaan area Monas meskipun sebelumnya menolak berikan izin.

"Iya. Pokoknya begitulah jadi aku enggak state macem-macem tunggu dulu begitu nanti malam selesai acara," kata Hari kepada awak media di Balai Kota Jakarta, Senin (10/2/2020).

Hari menuturkan, saat ini ada opsi selain area Monas yakni kompleks Gelora Bung Karni (GBK) jika memang kawasan Monas tak diperbolehkan. Karena itulah, Gubernur DKI bertemu Kepala Negara hari ini.

Selain itu, Hari juga menyatakan tidak mempermasalahkan permintaan dari Kemensesneg pasca berikan izin penggunaan kawasan Monas.

"Tidak ada masalah. Keduanya tidak ada masalah. Masih on the track. Mau di GBK, mau di Monas masih on the track," terangnya.

Komisi Pengarah Medan Merdeka yang dinaungi Kemensetneg telah mengeluarkan surat persetujuan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta atas pemakaian kawasan Monas.

Surat persetujuan itu sudah keluar tertanggal 7 Februari 2020 dan ditandatangani langsung oleh Ketua Komisi Dewan Pengarah, Praktino yang juga menjabat Menteri Sekretaris Negara.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mengatakan pihaknya sudah membahas dengan Komisi Dewan Pengarah Kawasan Medan Merdeka, yang di dalamnya Monumen Nasional (Monas).

Sepertinya apa baiknya rute atau sirkuit balapan mobil listrik itu yang sebelumnya memasukkan area Monas. 

"Bahwa para anggota komisi beberapa berpandangan bahwa sebaiknya jangan menggunakan kawasan Monas dan kemudian disampaikan, baik kalau begitu," kata Anies kepada awak media di Balai Agung Gedung Balai Kota, Jakarta, Kamis lalu (6/2/2020).

Anies mengungkapkan, dalam sebuah rapat, pembahasan mengenai Formula E tidak berlangsung panjang dan hanya singkat. Karena itu, ia langsung diputuskan hasil rapat tersebut.

"Formula E di dalam pembahasan cukup singkat pembahasannya. Baik kalau begitu, jadi tidak diskusi panjang," ujarnya.

Dia menambahkan, usai adanya keputusan tidak digunakannya kawasan Monas itu dalam balapan mobil listrik itu, pihaknya langsung berkomunikasi dengan pihak pengelola Formula E dan organisasi pembalap motor internasional.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Murti Ali Lingga
M Fadli

M Fadli

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU