The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tanggapan Anggota DPR terkait Pemulangan Anak WNI Eks ISIS
Peserta Aksi Barisan Relawan Bhinneka Jaya menolak rencana pemulangan WNI eks ISIS (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
News

Tanggapan Anggota DPR terkait Pemulangan Anak WNI Eks ISIS

Sabtu, 15 Februari 2020 22:01 WIB 15 Februari 2020, 22:01 WIB

INDOZONE.ID - Anggota Komisi I DPR RI Bobby Rizaldi mendukung langkah pemerintah yang berniat melakukan mekanisme identifikasi "profiling" terhadap anak-anak WNI eks ISIS.

"Saya mendukung langkah pemerintah dengan memastikan adanya mekanisme identifikasi 'profiling' atau 'protokol assesment' oleh lembaga negara yang berkompeten," kata Bobby di Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

Menurutnya, "profiling identification" penting untuk mengetahui bagaimana mereka bisa tergabung dalam kelompok ISIS. Setelah itu, baru bisa diputuskan apakah mereka masih bisa tinggal di Indonesia atau tidak.

Bobby Adhityo Rizaldi
Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi. (ANTARA)

"Langkah itu bisa dilakukan BNPT atau lembaga negara lain yang ditugaskan pemerintah untuk hal ini," ujarnya.

Pada akhirnya, apapun keputusan pemerintah terkait anak-anak WNI eks ISIS, harus dilengkapi instrumen negara yang jelas dalam penanganannya. Anak-anak WNI eks ISIS harus dipastikan telah bebas dari paparan radikal ISIS.

Politisi dari Partai Golkar ini menyebut pemerintah Indonesia tidak perlu dipusingkan dengan persoalan pengungsi eks ISS. Negara lain juga belum ada yang mau menerima warga eks ISIS.

"Ini jadi masalah dunia, bukan hanya Indonesia dan belum ada negara yang mau menerima eks ISIS, sehingga biar kita menunggu resolusi bersama," katanya.

Peserta Aksi Barisan Relawan Bhinneka Jaya menolak rencana pemulangan WNI eks ISIS
Peserta Aksi Barisan Relawan Bhinneka Jaya menolak rencana pemulangan WNI eks ISIS (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Sebelumnya, Menkopolhukam Mahfud MD mempertimbangkan kemungkinan untuk memulangkan anak-anak WNI eks ISIS yang berusia di bawah 10 tahun.

Namun, jika anak-anak itu pernah terlibat latihan bersenjata atau terpapar pengaruh radikal ISIS, mereka tidak akan dipulangkan ke Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US