DPR Nilai Langkah Evakuasi WNI di Wuhan Sangat Penting

- Selasa, 28 Januari 2020 | 16:22 WIB
Ilustrasi sterilisasi kawasan mengantisipasi penyebaran virus korona (REUTERS/Athit Perawongmetha).
Ilustrasi sterilisasi kawasan mengantisipasi penyebaran virus korona (REUTERS/Athit Perawongmetha).

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PPP, Muhammad Iqbal menyatakan upaya evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan Tiongkok sangat penting, karena WNI yang saat ini bebas dari Virus Korona berpotensi untuk tertular, sehingga evakuasi harus menjadi solusi yang perlu dipikirkan serius.

"Evakuasi juga diperlukan mengingat daerah Wuhan terisolir dari dunia luar ditambah kekhawatiran dan ketakutan yang mencekam bisa memberikan dampak  psikologis bagi WNI yang terisolasi tersebut," ucapnya saat dikonfirmasi Indozone, Selasa (28/1/2020).

Menurutnya, pemerintah Indonesia tetap harus memastikan kesehatan para WNI agar mereka tidak tertular Virus Korona.

Para petugas yang mengevakuasi pun harus dipastikan dalam menjalankan tugasnya tidak tertular virus, sehingga evakuasi itu tidak malah menimbulkan masalah lain bagi Indonesia.

"Pemerintah Indonesia, dalam hal ini KBRI dan KJRI yang berada di Tiongkok harus aktif untuk mendata dan menjaga komunikasi dengan para mahasiswa pada khususnya dan WNI pada umumnya yang masih berada di kota-kota terisolir," ujarnya.

Iqbal mengatakan alasan pemerintah Tiongkok untuk mengkarantina semua orang yang saat ini berada di Wuhan dan kota-kota lainnya di Tiongkok termasuk para WNI bisa dipahami.

Namun pemerintah Indonesia juga bisa menawarkan solusi agar para WNI di sana bisa dievakuasi agar bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka yang selama ini sangat terbatas di Wuhan dan kota-kota lainnya. 

 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X