Presiden Jokowi Akui Sulit Kalahkan Warga Tionghoa untuk Urusan Bisnis

- Kamis, 30 Januari 2020 | 12:14 WIB
Presiden Jokowi (Instagram/@jokowi)
Presiden Jokowi (Instagram/@jokowi)

Presiden Jokowi menghadiri acara Perayaan Imlek Nasional di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (30/1/2020). Pada kesempatan itu, dia memuji etos kerja yang dimiliki warga keturunan Tionghoa di Indonesia.

Buktinya, warga Tionghoa banyak yang andal dalam urusan bisnis. Jokowi bahkan menyebut sangat sulit mengalahkan warga Tionghoa dalam urusan bisnis.

"Memang, di tengah ekonomi dunia yang sulit, saya lihat banyak bisnis dari Bapak-Ibu sekalian tetap tumbuh dengan baik. Memang tidak mudah mengalahkan urusan bisnis ini mengalahkan warga keturunan Tionghoa. Memang sulit. Ini memang harus diakui," ujar Jokowi.

Semua ini terjadi karena mereka rela bekerja dari pagi sampai larut malam. Tak heran, banyak warga keturunan Tionghoa ahli dalam bidang perdagangan, manufaktur, jasa, dan lain sebagainya.

"Rata-rata memang jago di dagang, jago di bisnis, baik di industri manufaktur, jasa, dan lain-lainnya karena memang kita harus mengakui keturunan Tionghoa dalam bekerja keras itu bisa kita lihat. Kalau sudah bekerja keras, pagi sampai tengah malam itu dijalani. Jadi kalau sukses kita maklum," katanya.

Karena itulah, Jokowi berpesan agar di tahun tikus logam ini, semangat bekerja tidak kendor. Apalagi, kondisi ekonomi dunia saat ini sedang menurun dan penuh ketidakpastian.

"Selain berdoa kita tentu harus selalu bekerja keras. Bekerja cepat. Sebab ekonomi dunia melambat, kalau kita bekerja biasa-biasa saja, akan berbahaya bagi ekonomi kita. Sebab, ekonomi dunia sedang pada posisi yang memang menurun dan pada posisi yang tidak pasti," kata Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X