Ironi Kane Tanaka, Orang Tertua di Dunia Asal Jepang

- Senin, 6 Januari 2020 | 21:53 WIB
Kane Tanaka tersenyum ketika panti jompo merayakan ulang tahunnya yang ke 117 di Fukuoka. (Photo/REUTERS/Kyodo)
Kane Tanaka tersenyum ketika panti jompo merayakan ulang tahunnya yang ke 117 di Fukuoka. (Photo/REUTERS/Kyodo)

Usai merayakan ulang tahun ke-117, seorang nenek yang bernama Kane Tanaka kembali dinobatkan sebagai orang tertua di dunia dan memperpanjang rekornya itu di panti jompo Fukuoka, Jepang bagian selatan.

Seperti ditayangkan stasiun televisi lokal TVQ Kyushu Broadcasting Co, Tanaka terlihat merayakan ulang tahunnya dengan pesta bersama staf dan teman-temannya.

Nenek yang lahir pada 2 Januari itu tersenyum dan berkomentar setelah selesai menggigit potongan dari kue ulang tahunnya.

-
Kane Tanaka tersenyum. (Photo/REUTERS/Kyodo)

"Enak, saya mau tambah lagi." katanya sambil tersenyum.

Rekor usia itu sendiri menjadi simbol dari populasi Jepang yang menua, disandingkan dengan menurunnya angka kelahiran di Jepang yang dikhawatiran dapat mengurangi sumber daya manusia dan masa depan pertumbuhan ekonomi.

Menurut data pemerintah Jepang yang dilansir dari Reuters, jumlah bayi yang lahir di Jepang menurun sekitar 5,9 persen tahun lalu. Untuk pertama kali sejak pemerintah mulai mengumpulkan data di tahun 1899 jumlah bayi yang lahir menurun mencapai dari 900.000.

Tanaka sendiri lahir prematur pada 1903 dan menikahi Hideo Tanaka pada 1922, kata Guinness World Record. Mereka dikaruniai empat anak kandung dan satu anak adopsi.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X