Sambangi Tokoh Sunda, Erick Thohir Ungkap Pandangan soal Sistem Seleksi Kepemimpinan BUMN

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 15:32 WIB
Erick Thohir memberikan paparan terkait Transformasi BUMN dalam Menopang UMKM Di Indonesia, di kawasan Batununggal, Kota Bandung (2/12/2022). (Arvi Resvanty/Indozone)
Erick Thohir memberikan paparan terkait Transformasi BUMN dalam Menopang UMKM Di Indonesia, di kawasan Batununggal, Kota Bandung (2/12/2022). (Arvi Resvanty/Indozone)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menyambangi tokoh Sunda di kediaman HD Sutisno untuk melakukan dialog eksklusif, pada Jumat malam (2/12/2022). Dalam kesempatan ini, dia mengungkap pandangannya sistem seleksi kepemimpinan BUMN.

Erick menegaskan, mereka yang ingin bekerja di BUMN harus melewati perangkat tes yang ada. Meski seseorang tidak berlatar belakang sesuai dengan jabatannya, jika lulus tes maka ia bisa menduduki jabatan yang ada.

Baca Juga: Erick Thohir Canangkan Ekosistem Perekonomian Mandiri, Kerjasama Multisektor Jadi Solusi

"Apa yang saya lakukan di BUMN siapa yang mau masuk BUMN tidak direksi, komisaris semua harus lulus fit and proper test," ujarnya di kawasan Batununggal, Kota Bandung, Jumat (2/11/2022).

"Forum human capital itu bukan di kementerian tapi di BUMNnya. Disitu semua komisaris harus dapatkan pendidikan. Disitu ada komisaris yang bukan backround perbankan, tapi dia ahli sosial. Kita perlu ahli hubungan sosial, agar menyampikan program pro rakyat dengan baik," lanjut Erick Thohir.

Baca Juga: BRI Fokus Pada Isu Inklusi Keuangan, Menteri BUMN Erick Thohir Beri Apresiasi

Tak hanya itu, dia memberi pesan kepada semua direksi jabatan yang terpilih olehnya harus menghargai hubungan dengan para karyawan. Mereka juga diimbau untuk mau membersihkan isu yang ada meski terbilang disalahkan.

"Yang saya pesan sama mereka semua hubungan kerja degan karyawan harus dihormati. Kepemimpinan itu mesti berani sikat wc, nyapu. Kalau mau yang bagus-bagus saja gak usah jadi pemimpin. Daripada capek menjelaskan ya kita perbaiki. Buktinya BUMN masih rekrut pegawai hingga saat ini," ungkap dia.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X