Gunung Marapi Sumbar Erupsi, 30 Pendaki Dipaksa untuk Turun

- Senin, 9 Januari 2023 | 02:06 WIB
Tim Penyapu dari BKSDA, Basarnas dan Pemuda setempat memaksa turun para pendaki Gunung Marapi yang mengalami erupsi (Antara/HO-BKSDA)
Tim Penyapu dari BKSDA, Basarnas dan Pemuda setempat memaksa turun para pendaki Gunung Marapi yang mengalami erupsi (Antara/HO-BKSDA)

Tim Penyapu Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Barat, yang tediri dari Basarnas dan pemuda di sekitar Gunung Marapi, memaksa turun para pendaki yang masih berkemah di gunung api mengalami erupsi itu sejak Sabtu (7/1/2023).

Kepala BKSDA Sumbar Ardi Andono menuturkan bahwa setidaknya sudah ada 30 orang pendaki yang turun dari Gunung Marapi. Hal itu dilakukan untuk mengambil langkah antisipasi dan mengurangi risiko ancaman erupsi Gunung Marapi.

"Tim memaksa pendaki lainnya yang masih bersikeras menetap di Gunung Marapi, hingga pagi ini sudah terdata 30 orang yang turun dan empat lainnya dalam perjalanan ke bawah," kata Ardi sebagaimana disadur Antara, Minggu (8/1/2023).

Baca Juga: Waspada! Gunung Merapi Erupsi Sebanyak 7 Kali hingga Sabtu Siang

Ia mengatakan, sejak malam setelah kejadian erupsi, Tim Penyapu sengaja naik ke atas Gunung Marapi mencari dan memaksa pendaki yang masih berkemah untuk segera turun.

"Saat ini Tim Penyapu sudah di atas, jumlah petugas yang stand by di pos 10 dari Basarnas dan lima dari BKSDA," katanya.

Baca Juga: Gunung Semeru Masih Erupsi, Keluarkan Abu Terpantau  700 Meter di Atas Puncak

Dikatakan Ardi, setidaknya ada 40 orang pendaki yang terdaftar naik di Gunung Marapi sebelum terjadinya erupsi. Di sisi lain ia tidak bisa memastikan akan adanya kemungkinan pendaki ilegal yang berada di Marapi.

"Yang kami hitung tentunya pendaki yang resmi naik dan mendaftar, untuk yang ilegal kami belum bisa mendata," ujarnya.

Sekedar informasi Gunung Marapi mengalami erupsi pada Sabtu (7/1/2023) sejak pukul 06.11 WIB, warga di sekitar gunung aktif ini telah diminta waspada dan seluruh aktivitas pendakian dilarang untuk sementara waktu.

Saat ini Gunung Marapi berada pada Status Level II atau Waspada, Pos Pengamatan Gunung Marapi di Bukittinggi masih merekam erupsi dengan skala kecil hingga saat ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X