Pilot Citilink Meninggal Usai Mendarat Darurat di Bandara Juanda

- Kamis, 21 Juli 2022 | 15:02 WIB
Pesawat Citilink. (Instagram/@citilink)
Pesawat Citilink. (Instagram/@citilink)

Pesawat Citilink Indonesia dengan nomor penerbangan QG307 rute Surabaya ke Makassar terpaksa melakukan pendaratan darurat. Hal ini dikarenakan sang pilot meninggal dunia saat bertugas.

Mulanya, pesawat Citilink rute Surabaya ke Ujung Pandang diberangkatkan sesuai jadwal pada pukul 06.00 WIB. Setelah kurang lebih 15 menit mengudara, penerbangan tersebut kembali mendarat di Bandara Juanda, Surabaya.

“Dikarenakan pilot kami mengalami darurat kesehatan. Pesawat tersebut telah mendarat kembali pukul 07.00 WIB di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya dengan baik dan selamat,” kata Direktur Utama PT Citilink Indonesia, Dewa Kadek Rai dalam siaran persnya, Kamis (21/7/2022).

Dikatakan Dewa, petugas di bandara Juanda bersama seluruh stakeholders telah mempersiapkan prosedur penanganan evakuasi darurat kesehatan dengan sangat cepat dan baik.

Baca Juga: Waduh! Pilot Mabuk Nekat Daratkan Pesawat di Jalan Raya, Langsung Diciduk Polisi

Setelahnya, pilot tersebut di bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan. Tetapi sayang, setibanya di rumah sakit disampaikan bahwa pilot Citilink itu dinyatakan  meninggal dunia.

“Adapun berdasarkan hasil pemeriksaan dokter dari pihak rumah sakit setempat, disampaikan bahwa pilot kami dinyatakan telah meninggal dunia,” beber Dewa.

Dewa menyampaikan bahwa sebelum melakukan penerbangan, Citilink Indonesia telah melakukan prosedur pengecekan kesehatan kepada seluruh crew yang bertugas dan dinyatakan fit atau laik terbang.

“Citilink senantiasa mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan, oleh karena itu kami selalu berupaya sejak dini dalam mengantisipasi hal-hal yang berpotensi mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan,” tandasnya.

Pilot Dimakamkan di Jakarta

Selain itu, Dewa berkata jenazah Pilot Citilink langsung diterbangkan dari Surabaya menuju ke Jakarta.

"Almarhum akan diterbangkan langsung pada hari ini dari Surabaya menuju Jakarta dan jenazah akan disemayamkan di Jakarta sesuai dengan penanganan prosedur yang berlaku,” tukasnya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X