KPK Panggil Mentan SYL Terkait Kasus Dugaan Korupsi, Begini Reaksi Parti NasDem

- Jumat, 16 Juni 2023 | 22:30 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo. (ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi)
Mentan Syahrul Yasin Limpo. (ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi)

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai NasDem, Dedy Ramanta, memberikan komentar soal Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memberikan keterangan terkait dengan penyelidikan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Dedy menjelaskan bahwa pemanggilan tersebut bukan merupakan peristiwa yang luar biasa. Pasalnya sejauh ini berupa dugaan adanya kasus korupsi di Kementan yang dipimpin oleh Mentan SYL.

"Bagi NasDem tentu saja hal itu dianggap sebagai peristiwa yang biasa saja karena namanya juga dugaan, dipanggil, semua warga negara juga bisa dipanggil oleh penegak hukum," kata Dedy, seperti INDOZONE sadur dari Antara, Jumat (16/6/2023).

Dedy Ramanta lantas mempersilakan KPK untuk melakukan penyelidikan sebagaimana yang menjadi domain wilayahnya.

"Silakan KPK bekerja sesuai dengan ranahnya," ujar Dedy.

Menurut dia, pekerjaan yang bertentangan dengan hukum sudah seyogianya dilakukan penyelidikan sebagaimana yang menjadi komitmen sejak awal Partai NasDem.

Baca Juga: Syahrul Yasin Limpo Batal Hadir ke Gedung KPK dalam Dugaan Korupsi di Kementan

"Ketika tata laksana pemerintahan itu terjadi hal yang mungkin diduga atau dianggap atau ditemukan hal yang tidak sesuai, saya kira hal itu memang murni ranah hukum, ya, dikerjakan saja," ucapnya.

Dedy mengatakan bahwa Mentan Syahrul Yasin Limpo sendiri tak menghindar dari pemanggilan KPK untuk dimintai keterangan terkait dengan penyelidikan kasus dugaan korupsi di Kementan.

"Hanya meminta waktu untuk penundaan karena berkaitan dengan jadwal acara kenegaraan," tuturnya.

Partai NasDem, kata dia, juga meminta Mentan Syahrul Yasin Limpo untuk hadir memenuhi panggilan KPK. Dia menambahkan bahwa partainya sejauh ini belum memanggil Mentan untuk berbicara tentang isu terkait.

-
Mentan Syahrul Yasin Limpo. (ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi)

"Belum secara resmi karena acara-acara kemarin acara-acara biasa Pak Menteri sebagai anggota dewan pakar," katanya.

Ia pun mengaku optimistis atas kinerja Mentan di pemerintahan Jokowi yang bersih dan memiliki reputasi yang baik, serta berharap tidak ada masalah yang serius dalam pemanggilan Mentan oleh KPK tersebut.

Meski di sisi lain, Dedy tak menampik partainya akan prihatin apabila dugaan kasus rasuah yang menjerat salah satu kadernya itu benar terjadi.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X