Kapolda Banten Keluarkan Maklumat soal Ramadan 2023, Apa Ya Isinya?

- Kamis, 30 Maret 2023 | 13:06 WIB
Ilustrasi polisi (ANTARA)
Ilustrasi polisi (ANTARA)

Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto, mengeluarkan maklumat terkait bulan ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Maklumat tersebut dikeluarkan Irjen Rudy dengan nomor maklumat nomor/MAK/01/III/2023.

Dalam maklumatnya, Irjen Rudy meminta masyarakat tidak ragu memberikan informasi ke polisi jika menemukan aksi terorisme, narkoba, premanisme, kejahatan jalanan, miras, prostitusi, judi, tawuran, sajam (senjata tajam) atau api, mabuk-mabukan, balap liar, knalpot bising, geng motor, kenakalan remaja, dan petasan.

"Saya perintahkan satker Polda bersama Polres jajaran serta kepada seluruh masyarakat, untuk membantu memberikan informasi kepada kepolisian terkait gangguan kamtibmas yang terjadi," kata Irjen Rudy dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (30/3/2023).

-
Ilustrasi ramadan (FREEPIK)

Baca Juga: Cantiknya Awkarin Berhijab saat Bukber Ramadan, Pakai Pashmina dan Rok Serut Kekinian

Jika nantinya ditemukan gangguan keamanan atau tindak kejahatan, Irjen Rudy mengimbau masyarakat tidak main hakim sendiri. Masyarakat juga dilarang melakukan sweeping selama ramadan.

"Masyarakat tidak diperbolehkan melakukan sweeping atau main hakim sendiri terhadap rumah makan, tempat hiburan, pertokoan, pusat perbelanjaan, dan lain-lain. Segala bentuk sweeping atau main hakim sendiri akan ditindak tegas, tanpa kompromi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," beber Rudy.

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Irjen Rudy juga mengimbau masyarakat menigkatkan keamanan di lingkungan masing-masing. Sebab, banyak yang akan meninggalkan rumahnya untuk mudik.

"Agar masyarakat menjaga keselamatan diri dan harta benda dengan meningkatkan ronda siskamling serta mengingatkan warga yang akan mudik untuk menitipkan rumah dan memastikan kembali keamanan aliran listrik dan kompor, menambahkan kunci ganda untuk pengamanan kendaraan bermotor serta mengantisipasi pencurian hewan ternak," kata Rudy.

Polda Banten Siapkan Call Center

Lebih jauh, pimpinan tertinggi Polri di wilayah Banten ini, menyebut pihaknya juga sudah menyiapkan call center agar masyarakat bisa mengadukan persoalan yang ada dilingkunganya ke polisi dengan mudah.

Baca Juga: Gratis! SCTV Hadirkan Gema Ramadan Bareng Musisi, Artis hingga Tokoh Inspiratif

"Guna membantu Polda Banten dan Polres jajaran dalam rangka menegakkan maklumat ini melalui call center Polri 110 atau bisa melalui posko siaga Polda Banten 085215825440," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X