Cuaca Hari Ini: Sejumlah Wilayah Kemungkinan Hujan Lebat, Jangan Lupa Payung dan Jas Hujan

- Jumat, 19 Mei 2023 | 07:40 WIB
Ilustrasi orang menggunakan payung saat hujan turun. (ANTARA FOTO/Anggoro)
Ilustrasi orang menggunakan payung saat hujan turun. (ANTARA FOTO/Anggoro)

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hari ini, Jumat (19/5/2023) cuaca di sejumlah wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang disertai petir dan angin kencan.

Mengutip dari situs BMKG, potensi hujan lebat disertai kilat atau petir akan terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku dan Papua Barat.

Baca Juga: Cuaca Panas, Warga Batam Diimbau Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

Sementara itu dari data tersebut, sejumlah wilayah berpotensi mengalami banjir, yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Papua Barat.

Sedangkan untuk wilayah yang berpotensi mengalami angin kencang lebih dari 45 km per jam di antaranya wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat.

Baca Juga: Cuaca Lagi Panas Banget, Disarankan Pakai Sunscreen Minimal SPF 30 untuk Lindungi Kulit

Selain itu, BMKG menyampaikan sirkulasi siklonik terpantau di perairan timur Filipina dan di Samudera Hindia barat Sumatera yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Utara Kalimantan, dari Sulawesi Tengah hingga Laut Sulawesi, serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Samudera Hindia barat Bengkulu dan di perairan timur Filipina.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang di Aceh, di Sumatera Barat, di Bengkulu, di Jambi, di Belitung, di Jawa Timur, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur, di Sulawesi bagian tengah, di perairan selatan Sulawesi Tenggara, di Papua Barat, di Papua dan dari Laut Arafura hingga Papua Barat serta daerah konfluensi di Laut Natuna dan Kepulauan Riau.

Kondisi tersebut, menurut BMKG, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X