BPBD DKI: Banjir Jakarta di 15 RT Sudah Surut

- Rabu, 26 Oktober 2022 | 13:25 WIB
Ilustrasi banjir (Freepik/Storyset)
Ilustrasi banjir (Freepik/Storyset)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarat mencatat, hingga pukul 11.30 WIB, genangan di DKI Jakarta sudah surut. Sebagaimana diketahui, luapan Kali Item dan Ciliwung merendam 15 RT di Jakarta Timur.

"Pukul 11.30 WIB, seluruh genangan di wilayah DKI Jakarta sudah surut," ujar Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji melalui keterangan tertulis, Rabu (26/10/2022)

Isnawa menyatakan, tim gabungan dari Dinas Sumber Daya Air, Dinas Gulkarmat, Dinas Bina Marga, hingga Dinas Lingkungan Hidup serta para stakeholder terkait telah mekakuan penyedotan banjir dengan pompa mobile dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Pj Gubernur DKI Jakarta: Semua Lurah Harus Cari dan Bersihkan Lokasi yang Masih Kotor

Selain itu, BPBD DKI menghimbau kepada masyarakat, agar tetap berwaspada terhapat potensi genangan karena tingginya curah hujan. Masyarakat bisa menghubungi nomor telepon 112 bila terjadi keadaan darurat.

"BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat, agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," pungkas Isnawa

Sebelumnya, hujan deras melanda sebagian wilayah Jakarta menyebabkan status siaga 3 (waspada) di Bandungan Katulampa, Pos Depok, dan Pintu Air Manggarai serta menyebabkan 15 RT di Jakarta Timur dilanda banjir.

Baca Juga: Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi: BPBD Harus Pastikan Peralatan Siap Hadapi Banjir

Berikut titik lokasi banjir di Jakarta Timur berdasarkan data yang diperoleh dari BPBD Jakarta serta ketinggian banjir,yang kini sudah surut:

Kel. Cililitan
- Jumlah: 1 RT
- Ketinggian: 80 cm
- Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Item

Kel. Cawang
- Jumlah: 2 RT
- Ketinggian: 50 cm
- Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung

Kel. Kampung Melayu
- Jumlah: 7 RT
- Ketinggian: 50 cm
- Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung

Bidara Cina
- Jumlah: 5 RT
- Ketinggian: 50 cm
- Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X