Ridwan Kamil Gabung, Golkar Pede Perolehan Suara Bakal Nambah Nih!

- Jumat, 27 Januari 2023 | 08:55 WIB
Airlangga Hartarto dan Ridwan Kamil (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Airlangga Hartarto dan Ridwan Kamil (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menegaskan sikap partai yang menolak sistem pemilu tertutup. Dikatakannya, Golkar berkomitmen untuk menjaga demokrasi dan reformasi.

Hal itu dikatakan Airlangga saat membuka Rakornis (Rapat Koordinasi Teknis) Pemenangan Pemilu 2024 untuk Wilayah Jawa I terdiri dari Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten, pada Rabu 25 Januari 2023, malam WIB.

"Golkar komitmen dengan reformasi, Golkar komitmen terhadap hak yang sudah diberikan kepada masyarakat, sehingga hak yang sudah diberikan ke masyarakat tidak boleh kita tarik kembali karena Partai Golkar selalu bersama rakyat," ujar Airlangga, dikutip Jumat (27/1/2023).

-
Ridwan Kamil (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Baca Juga: Golkar Solidkan Mesin Partai Jelang Pemilu 2024!

Airlangga mengatakan, Golkar menargetkan jumlah kursi DPR RI Daerah Pemilihan Banten, dari tiga kursi menjadi empat kursi pada 2024. Sementara itu, DPRD provinsi dari 11 kursi menjadi 20 kursi. Selanjutnya, DPRD kabupaten/kota dari 60 kursi menjadi 90 kursi.

Selanjutnya, untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat, Golkar menargetkan jumlah kursi DPR RI dari 14 kursi menjadi 23 kursi pada 2024. Sementara itu, DPRD provinsi dari 16 kursi menjadi 25 kursi. Selanjutnya, DPRD kabupaten/kota dari 194 kursi menjadi 293 kursi.

"Itu target Jawa Barat belum dihitung saat Kang Emil (Ridwan Kamil) bergabung. Dengan bergabungnya Kang Emil, tentu ada tambahan kursi lagi," beber dia.

Kemudian, kata Airlangga, untuk Daerah Pemilihan DKI Jakarta, Golkar menargetkan jumlah kursi DPR RI dari satu kursi menjadi tiga kursi pada 2024. Sementara itu, DPRD provinsi dari enam kursi menjadi 12 kursi.

Airlangga menegaskan, target itu akan terus dievaluasi setiap enam bulan, hingga pelaksanaan Pemilu 2024. Dia juga berharap dengan bergabungnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Golkar, dapat berkontribusi meningkatkan jumlah perolehan suara.

“Itu belum dihitung Erwin Aksa untuk DPR RI, sepertinya akan dapat 4 kursi," katanya.

Sementara itu, Pengamat Politik dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Silvanus Alvin, mengatakan tindakan Golkar ini menunjukan sikap terpuji dan dapat mengangkat citra Golkar.

“Perihal perjuangan untuk sistem pemilu terbuka saya rasa dapat mengangkat citra Golkar. Artinya, Golkar memang berusaha menjaga demokrasi di Indonesia agar transparan terutama dalam memilih kader-kader yang akan dipilih dan mendapat mandat menjadi anggota dewan,” kata Alvin.

Bicara kader, Ketum Airlangga mengatakan, kekuatan Golkar ada pada kader dan caleg. Apalagi, saat ini, kader dan caleg Golkar mayoritas berasal dari kaum muda.

“Terkait dengan kader-kader Golkar yang tergolong muda tentu menjadi kharisma dan daya tarik sendiri. Tentu ini ada kaitannya dengan upaya Golkar menjaring generasi Milenial dan Generasi Z yang mendominasi Pemilu 2024,” ungkap Alvin.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X