Dilantik Besok, Mbak Ita akan Resmi Jadi Wali Kota Semarang

- Minggu, 29 Januari 2023 | 20:32 WIB
Hevearita Gunaryanti Rahayu akan dilantik sebagai Wali Kota Semarang pada Senin (30/1/2023).
Hevearita Gunaryanti Rahayu akan dilantik sebagai Wali Kota Semarang pada Senin (30/1/2023).

Pelaksana tugas (Plt) Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, akan segera menyandang status Wali Kota Semarang. Ita akan menggantikan posisi Hendrar Prihadi, yang kini menjabat Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik (LKPP RI).

Mbak Ita, panggilan akrabnya, akan dilantik oleh Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di Gradika Bakti Praja, Kompleks Kantor Gubernuran, Jalan Pahlawan Semarang, Senin (30/1/2023)

Dalam pelantikan Mbak Ita sebagai orang pertama di Kota Semarang, akan dihadiri oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri, Kepala LKPP RI Hendrar Prihadi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan sejumlah pejabat serta tamu undangan lainnya. Usai pelantikan, Pemerintah Kota Semarang akan menggelar tasyakuran dengan mengundang masyarakat, tokoh agama, dan juga tokoh masyarakat di halaman Balaikota Semarang.

Jabatan Wali Kota Semarang yang akan segera diemban Mbak Ita memang pantas diselamatkan kepada perempuan yang sejak 2016 menjabat Wakil Wali Kota Semarang tersebut. Di kalangan partai pengusungnya, PDI Perjuangan, Mbak Ita merupakan politisi yang ulung. Dia sangat piawai dalam melakukan lobi-lobi politik, sehingga mampu menggolkan ide-ide cemerlang yang menjadi gagasannya.

Tak ayal, PDI Perjuangan kala itu memasangkan dirinya bersama Hendrar Prihadi, sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang dalam pilkada yang dua kali periode dimenanginya.

Baca Juga: Ita Selipkan Urban Farming ke Kurikulum Merdeka Belajar

Bahkan, pada Pilkada terakhirnya, duet Hendi-Ita harus bertarung melawan kotak kosong lantaran tidak ada partai lain yang mengusung calon pada Pilkada Kota Semarang 2020. Meski demikian, duet kader PDI P ini mampu menang telak atas kotak kosong. Hendi-Ita mampu meraih 716.693 suara dari total pemilih sebanyak 805.524 orang.

Bersama Hendi, Mbak Ita mampu mewujudkan pembangunan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, baik berupa infrastruktur maupun non-infrastruktur. Wajah Kota Semarang terus dipercantik dengan pembuatan taman kota, pembenahan saluran air, gorong-gorong, hingga program betonisasi yang membuat Kota Semarang semakin bersih dan rapi.

Profil dan Biodata Hevearita Gunaryanti

Mbak Ita juga merupakan figur pemimpin yang peduli terhadap kondisi ekonomi masyarakatnya. Pada saat menjabat Plt. Wali Kota Semarang, dia mengajak warganya untuk menanami lahan kosong dengan tanaman yang bernilai ekonomi, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Terakhir, Mbak Ita melontarkan gagasan program urban farming agar dimasukkan dalam kurikulum pendidikan di sekolah, mulai PAUD, TK, SD hingga SMP. Melalui urban farming, masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan ruang terbuka menjadi lahan hijau yang mampu menghasilkan produk pertanian.

Bahkan, Mbak Ita menyebut urban farming dapat menjadi salah satu strategi untuk mengatasi krisis pangan secara global yang diprediksi akan terjadi pada 2023 ini.

Pendidikan Mbak Ita

Dalam pendidikan, Mbak Ita mampu melahap pendidikan formal secara mulus. Pendidikan sekolah dasar (SD) Citarum Semarang, ditempuhnya selama enam 1972–1978, SMP Maria Mediatrix Semarang (1978–1981), dan SMA Negeri 1 Semarang (1981–1984).

Selepas lulus SMA N 1 Semarang, Ita melanjutkan kuliah program S1 Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (1984–1989). Tak puas bergelar sarjana saja, Ita kemudian melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, yakni sekolah S2 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro (2018–2019).

Rekam Jejak Organisasi

Selain pendidikan formal, Mbak Ita sejak remaja aktif terjun di berbagai organisasi. Sejumlah organisasi pernah diikutinya untuk menambah kemampuannya dalam mengelola organisasi dan berbaur dengan komunitas dan masyarakat secara luas.

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X