The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

6 Kasus Besar Ini Ternyata Diungkap Ferdy Sambo, Ada Bom Sarinah sampai Kopi Sianida
Irjen Ferdy Sambo dan mendiang Brigadir J. (Facebook/Rohani Simanjuntak)
News

6 Kasus Besar Ini Ternyata Diungkap Ferdy Sambo, Ada Bom Sarinah sampai Kopi Sianida

Kamis, 11 Agustus 2022 11:10 WIB 11 Agustus 2022, 11:10 WIB

INDOZONE.ID - Meski berstatus sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir J, sosok Irjen Pol Ferdy Sambo tidak bisa lepas dari prestasinya selama berkarier di institusi Bhayangkara. Banyak pengungkapan kasus besar yang sudah dia lakukan bersama timnya.

Kamis (11/8/2022), Indozone mencoba merangkum secara singkat kasus-kasus besar yang sempat menjadi perhatian publik namun berhasil diungkap oleh Polri dengan didalamnya ada sosok Ferdy Sambo. Ingat dengan slogan Turn Back Crime? Di balik slogan tersebut juga ada sosok Sambo di belakangnya.

Berikut rangkuman singkat kasus besar yang diungkap Sambo dan timnya:

1. Ungkap Kasus Bom Teroris Sarinah

Pada 2016 silam, terjadi aksi pengeboman oleh teroris di Sarinah, Jakarta Pusat. Kasus ini menarik perhatian karena terjadi aksi baku tembak antara teroris dengan polisi bak di film-film action.

Dari peristiwa ini, puluhan orang menjadi korban. Ferdy Sambo sendiri saat itu menjabat sebagai Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya dan terlibat dalam penanganan kasus ini hingg Polri berhasil menangkap dalang pengemboman ini yakni Aman Abdurrahman.

2. Bersama Polda Metro Bongkar Kasus Kopi Sianida

Masih ingat dengan kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin oleh Jessica Wongso menggunakan kopi berisi sianida? Kasus ini diketahui diusut dan dibongkar oleh Polda Metro Jaya.

Sambo sendiri berada dalam tim pengungkapan kasus ini sebab, dia masih menjabat sebagai Wadir Reskrimum mendampingi Dir Krimum Krishna Murti.

3. Penangkapan Buronan Djoko Tjandra

Di 2020, Sambo sendiri sudah menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri dengan menyandang pangkat Brigjen alias jenderal polisi bintang satu. Dia berperan bersama Kabareskrim terdahulu yaitu Jenderal Listyo Sigit menangkap kembali Djoko Tjandra.

Djoko Tjandra diketahui merupakan terpidana kasus korupsi hak tagih Bank Bali yang melarikan diri keluar negeri saat akan dieksekusi. Penangkapan kembalinya Djoko Tjandra menjadi titik terang karier Sambo.

4. Ungkap Kasus Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung

Masih di 2020, kebakaran melanda Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta saat kasus Djoko Tjandra kembali panas. Bareskrim Polri menangani kasus kebakaran itu hingga akhirnya membeberkan penyebab kebakaran secara ilmiah.

Ferdy Sambo saat itu menjadi tokoh penting dalam pengungkapan kasus ini. Dia juga membeberkan dihadapan awak media mengenai penyebab kebakaran secara ilmiah.

5. Kerahkan Tim Propam Kawal Insiden KM 50

Puncak karir Ferdy Sambo semakin melambung usai dirinya mengemban jabatan sebagai Kadiv Propam Polri dan mendapat kenaikan pangkat satu bintang menjadi Irjen. Dalam kasus penembakan Laskar FPI oleh anggota Polda Metro Jaya, Irjen Sambo mengerahkan personel Propam untuk mengusut pelanggaran anggota polisi dalam kasus ini.

6. Tegas dan Kerap Tindak Polisi 'Nakal'

Selama menjabat sebagai Kadiv Propam Polri, Sambo kerap bertindak tegas dan menindak anggota-anggota polisi yang nakal.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Indozone
Samsudhuha Wildansyah
JOIN US
JOIN US