Dugaan Pemaksaan Pakai Hijab di Sekolah, PDIP DKI Bakal Minta Penjelasan Disdik

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:10 WIB
Sejumlah siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di SMA Negeri 87, Jakarta. ( ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Sejumlah siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di SMA Negeri 87, Jakarta. ( ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Gembong Warsono menyebutkan pihaknya akan memanggil Dinas Pendidikan (Disdik) DKI untuk meminta keterangan terkait adanya dugaan pemaksaan dalam menggunakan hijab di sekolah.

Dalam agenda yang tersebar, pemanggilan Disdik DKI tersebut akan dilakukan pada Rabu, 10 Agustus pukul 13.30 WIB di ruang rapat Fraksi PDIP Gedung DPRD DKI Jakarta.

“Iya betul besok,” ucap Gembong saat dihubungi awak media, Rabu (9/8/2022).

Gembong pun menyebutkan pemanggilan ini bertujuan untuk meminta penjelasan Disdik DKI. Lantaran, aduan yang serupa tak yang datang dari orang tua yang anaknya bersekolah di Jakarta Barat beberapa waktu lalu itu.

“Bukan (pertama kali), yang melakukan pengaduan banyak. Ibaratnya kan memaksa, makanya mau klarifikasi,” ungkapnya.

“Karena ada keluhan masyarakat kita mau klarifikasi terhadap pengaduan masyarakat itu, benar enggak seperti itu kita kan harus klarifikasi jangan sepihak. Kan kita enggak boleh bicara sepihak,” tambah Gembong.

Kendati demikian, Gembong menjelaskan pihaknya belum ingin berasumsi adanya kelemahan dari segi pengawasan. Ia ingin meminta penjelasan terlebih dahulu dari Disdik DKI.

“Kan kita belum tahu, belum tahu penjelasan dari kadis besok. Sebelum dipanggil masa kita sudah tahu,” tandasnya.

Sebelumnya diketahui, Anggota DPRD DKI Ima Mahdiah menerima aduan adanya pemaksaan untuk mengenakan hijab kepada muridnya secara lisan yang dilakukan seorang guru di salah satu sekolah negeri di Jakarta Barat.

“Kalau dipaksa pakai jilbab itu tidak dibenarkan, lain halnya kalau memang si anak mau pakai dari hatinya,” ungkap Ima.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X