Bos Krakatau Steel Silmy Karim Terpilih Jadi Dirjen Imigrasi

- Selasa, 27 Desember 2022 | 01:19 WIB
Silmy Karim. (ANTARA/Dok. PT KS)
Silmy Karim. (ANTARA/Dok. PT KS)

Direktur Utama (Dirut) PT Krakatau Steel Silmy Karim ditunjuk menjadi Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Silmy ditunjuk sebagai Dirjen berdasarkan ketetapan yang tertuang dalam Keputusan Presiden No.165/TPA tahun 2022 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham sekaligus Ketua Panitia Seleksi Dirjen Imigrasi, Andap Budhi Revianto mengatakan, terpilihnya Silmy Karim berdasarkan hasil proses seleksi yang terdiri dari berbagai tahapan.

“Silmy Karim terpilih setelah mengikuti rangkaian seleksi terbuka Dirjen Imigrasi mulai dari sejak proses administrasi dan rekam jejak, seleksi kompetensi bidang melalui penulisan makalah, seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural melalui asesmen oleh Badan Kepegawaian Negara, hingga wawancara oleh Tim Pansel,” kata Andap melalui keterangan tertulis, Senin (26/12/2022).

BACA JUGA: Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Hot Strip Mill 2 Krakatau Steel

Andap menjelaskan, penilaian dilakukan oleh pansel yang terdiri dari berbagai stakeholder seperti dari internal Kemenkumham, Kementerian PANRB dan Lembaga Administrasi Negara.

Andap menyebut, Silmy menjadi salah satu dari tiga peserta terbaik yang direkomendasikan pansel kepada Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

Selanjutnya Yasonna mengajukan nama-nama tersebut kepada Tim Penilai Akhir (TPA) Pimpinan Tinggi Utama dan Madya sebagaimana ketentuan Peraturan Presiden Nomor 177 Tahun 2014 tentang Tim Penilai Akhir Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian dalam dan dari Jabatan Pimpinan Tinggi Utama dan Pimpinan Tinggi Madya.

Andap menuturkan, terpilihnya Dirjen Imigrasi baru bakal mengoptimalkan pelayanan keimigrasian bagi seluruh pemangku kepentingan.

"Dengan adanya pejabat definitif, pelayanan imigrasi diharapkan akan semakin lebih baik dan optimal," tuturnya.

-
Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Andap Budhi Revianto. (ANTARA)

BACA JUGA: Simak! Ini Daftar 8 Pasal yang Dinilai Kontroversial di RKUHP

Selanjutnya Kemenkumham akan menyelenggarakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Dirjen Imigrasi. Sebelumnya Kemenkumham telah mengumumkan seleksi terbuka Dirjen Imigrasi sejak 27 Juli 2022 lalu.

Seleksi dibuka bagi kategori PNS, TNI, dan Polri, serta kategori Non-PNS. Adapun Silmy Karim mengikuti seleksi dari kategori Non-PNS.

Keikutsertaan Non-PNS dalam seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Utama dan Madya dimungkinkan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 17 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas PP No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X