The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Siap-siap Pindah! Pembangunan IKN Nusantara Mulai Terlihat, Begini Penampakan Terkininya!
Pembangunan IKN Nusantara. (Tri Endang Suprihatini/Z Creators)
News

Siap-siap Pindah! Pembangunan IKN Nusantara Mulai Terlihat, Begini Penampakan Terkininya!

Jumat, 19 Agustus 2022 18:01 WIB 19 Agustus 2022, 18:01 WIB

INDOZONE.ID - Ibu Kota Negara (IKN) baru yang bernama Nusantara berlokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Jaraknya sekitar 92 km dari Balikpapan dengan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan. 

Untuk memasukinya, harus melewati hutan pohon Akasia milik PT ITCI Hutani Manunggal, dan sementara tertutup untuk umum karena proses pembangunan tahap satu yaitu persiapan, sedang berlangsung. 

ikn nusantara
Pembangunan IKN Nusantara. (Tri Endang Suprihatini/Z Creators)

Persiapan ini sendiri berupa perataan tanah dan pembukaan akses jalan menuju ke Titik Nol dan tempat yang nantinya akan jadi lokasi Istana. Akses jalan ini masih berupa tanah, yang berfungsi untuk pengiriman logistik, alat berat, serta para pekerja.

Bangunan yang sudah jadi adalah monumen Titik Nol IKN dan sebuah aula di atasnya. Aula ini digunakan untuk berbagai acara, seperti kunjungan dan upacara. Untuk pembangunan gedung sendiri masih dalam proses tender.

“Tender sekarang sedang berjalan, bisa tanyakan ke teman-teman PU, karena semua tender akan dibawah PU untuk tahun ini, saya kira akan banyak pekerjaan-pekerjaan yang harus selesai tahun ini sehingga tahun depan bisa kita lanjutkan. Ada beberapa yang sudah masuk untuk pekerjaan pembukaan ya, tergantung jenis pembangunannya, kalau kita lihat pembangunan gedung masih belum waktunya, tapi kalo membuka jalan, meratakan, itu sudah kita mulai,” ujar Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono, Rabu (17/8/2022). 

IKN Nusantara
Pembangunan IKN Nusantara. (Tri Endang Suprihatini/Z Creators)

Untuk infrastruktur pendukungnya, khususnya untuk mensuplai air baku, telah dibangun Bendungan Sepaku Semoi di Kecamatan Sepaku, yang pekerjaannya sudah selesai 60% dan ditargetkan selesai pada 2023.

Nantinya, IKN Nusantara ini akan jadi Smart City, yang penuh akan fitur digital. Masyarakat adat setempat pun berharap agar pembangunan IKN bisa meningkatkan perekonomian mereka dan pemerintah bisa memberi perhatian khusus dengan mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas mereka dalam menghadapi era digital. Masyarakat adat pun merasa bangga, dan siap untuk membantu.

“Ini adalah kerja nasional, artinya pekerjaan anak bangsa secara menyeluruh, artinya suatu kebanggaan bagi kami, dimana masyarakat adat paser ini akan ditempatkan di IKN ini, memang ada terjadi masalah sosial dan segala macam, tapi bagaimana pemerintah mengkomunikasikan ini kepada kami, akhirnya kami bisa dan siap membantu untuk itu, segala sesuatu bisa dikomunikasikan dengan baik, dilakukan secara terbuka dan transparan, Insya Allah kami siap membantu,” ujar Supiyan Nur, Perwakilan Masyarakat Adat Kecamatan Sepaku.

ikn nusantara
Pembangunan IKN Nusantara. (Tri Endang Suprihatini/Z Creators)

Pembangunan IKN Nusantara tahap satu, ditargetkan untuk selesai tahun 2024, diikuti pemindahan pemerintah pusat dari Jakarta ke Nusantara di tahun yang sama.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Tri Endang Suprihatini

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US