Cegah Flu Burung, Dinas Pertanian Kota Denpasar Gencarkan KIE dan Biosekuriti

- Minggu, 5 Maret 2023 | 23:08 WIB
Kegiatan biosekuriti yang dilakukan petugas Dinas Pertanian Denpasar dengan menyemprotkan cairan disinfektan pada kandang unggas. (Pemkot Denpasar)
Kegiatan biosekuriti yang dilakukan petugas Dinas Pertanian Denpasar dengan menyemprotkan cairan disinfektan pada kandang unggas. (Pemkot Denpasar)

Dinas Pertanian Kota Denpasar, Bali, menggencarkan upaya komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) serta biosekuriti dengan penyemprotan disinfektan menyasar Pasar Burung Satria dan Pasar Kumbasari di kota setempat untuk mencegah penularan penyakit flu burung.

"Menindaklanjuti SE Kemenkes, kami mengambil langkah cepat mengantisipasi penularan virus flu burung, dua lokasi sudah disasar yakni Pasar Burung Satria dan Pasar Kumbasari," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Denpasar AA Bayu Brahmasta di Denpasar, seperti dilansir ANTARA, bari-baru ini.

Ia menambahkan pelaksanaan KIE serta penyemprotan akan digelar secara rutin dengan menyasar peternak, pengepul, dan pedagang unggas baik itu ayam, bebek, maupun burung untuk mencegah penularan flu burung clade baru 2.3.4.4b.

BACA JUGA: Keluarga Korban Gempa Turki Akan Naik Motor dari Denpasar ke Lombok untuk Pemakaman

Selain itu, turut diserahkan bantuan bahan biosekuriti kepada para peternak, pengepul dan pedagang sehingga diharapkan secara berkelanjutan dapat mencegah penyakit pada unggas secara mandiri.

"Kami imbau kepada peternak, pengepul dan pedagang agar senantiasa mengawasi unggasnya, serta rutin melaksanakan penyemprotan biosekuriti sehingga kesehatan hewan terjamin," ujar Brahmasta.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat, peternak, pengepul dan pedagang agar senantiasa melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Tak hanya itu, masyarakat diimbau melaporkan kepada Dinas Pertanian, Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan bila ada kematian unggas secara mendadak dan dalam jumlah yang banyak di lingkungannya.

"Mari bersama-sama kita lakukan pencegahan serta selalu membudayakan PHBS, sehingga secara berkelanjutan dapat mencegah penularan kasus flu burung," ucapnya mengajak.

BACA JUGA: Ajari Siswa Bersikap Jujur, Denpasar Luncurkan Gen Dental untuk Pembayaran di Sekolah

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X