Respons Gempa Cianjur, PMI DKI Jakarta Kirim 71 Relawan dan Bantuan

- Selasa, 22 November 2022 | 16:45 WIB
PMI DKI Jakarta kirim bantuan dan relawan ke Cianjur pasca gempa. (Dok. PMI DKI Jakarta)
PMI DKI Jakarta kirim bantuan dan relawan ke Cianjur pasca gempa. (Dok. PMI DKI Jakarta)

Gempa magnitudo 5,6 SR mengguncang kota Cianjur, Jawa Barat, pada Senin, 21 November 2022 pukul 13.21 WIB mengakibatkan ratusan jiwa meninggal dunia serta ratusan bangunan infrastruktur rusak.

Merespons kejadian tersebut, Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta mengirimkan relawan dan bantuan menuju kota Cianjur untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan serta memberikan layanan evakuasi.

Tim respons bencana yang dipimpin oleh Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan dan Sosial PMI DKI Jakarta, Mohamad Isa ini dilepas secara resmi oleh Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya (PSD) PMI DKI Jakarta, H. Syarifuddin di halaman Gedung PMI DKI Jakarta, Jalan Kramat raya No.47 Jakarta Pusat. Selasa (22/11/2022).

Baca Juga: BPBD DKI Jakarta Beri Bantuan Perlengkapan Senilai Rp2 M!

H. Syarifuddin mengungkapkan PMI DKI Jakarta mengirimkan 71 Relawan yang terdiri dari unsur Dokter, Perawat serta Tim Evakuasi ini merupakan sebagai bentuk dukungan kemanusiaan serta memberikan bantuan logistik dalam menanggulangi bencana gempa yang terjadi. 

“Relawan yang diberangkatkan nantinya akan diperbantukan untuk proses evakuasi dan pemberian pertolongan pertama,” ucap H. Syarifuddin.

Skala Prioritas Manula dan Balita

Kami juga mengerahkan 7 unit ambulan gawat darurat, 3 unit mobil jenazah, 5 unit kendaraan pick up, serta 3 unit kendaraan operasional. 

Keberangkatan tim ini nantinya akan berlanjut, dan pada tahapan selanjutnya kami dari jajaran pengurus nantinya akan menindaklanjuti data-data informasi yang diperoleh dari tim awal ini.

-
Gempa M5,6 Cianjur. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

 

Berdasarkan informasi yang diterima dari PMI Pusat, saat ini ada beberapa hal yang menjadi kebutuhan mendesak antara lain tenda pengungsian, tarpaulin, alas tidur, alat penerangan, obat-obatan, ambulans serta tim Kesehatan untuk memberikan pertolongan pertama dan evakuasi pasien.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Instruksikan BNPB Gerak Cepat Bantu Korban Gempa Cianjur

H. Syarifuddin menambahkan ketersediaan darah yang ada di PMI DKI Jakarta saat ini ada diatas 10.000 kantong darah. Apabila PMI Cianjur mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan darah kami siap membantu, tetapi itu semua tak lepas dari data yang nanti akan diberikan oleh PMI Cianjur.

“Skala prioritas kami adalah manula dan balita yang membutuhkan pertolongan,” tutup H. Syarifuddin.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X