Indonesia Kutuk Keras Juru Bicara Partai Berkuasa India Hina Nabi Muhammad

- Rabu, 8 Juni 2022 | 08:28 WIB
Nupur Sharma. (Instagram/@nupursharma_bjp)
Nupur Sharma. (Instagram/@nupursharma_bjp)

Indonesia mengutuk keras pernyataan juru bicara Partai Bharatiya Janata (BJP), yang dianggap telah menghina Islam dan Nabi Muhammad.

Pernyataan itu disampaikan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI melalui akun Twitter resmi. Kemlu juga telah menyampaian pernyataan tersebut kepada Duta Besar India di Jakarta.

“Indonesia mengutuk keras pernyataan yang merendahkan Nabi Muhammad SAW oleh dua orang politisi India. Pesan ini telah disampaikan kepada Duta Besar India di Jakarta," demikian pernyataan resmi Kemlu, dikutip Rabu (8/6/2022).

Baca juga: Jessica Iskandar dan Vincent Verhaag Akhirnya Spill Nama Bayi Mereka, Ini Maknanya!

Politisi yang dimaksud adalah juru bicara BJP Nupur Sharma dan kepala operasi media BJP Delhi Naveen.

Laporan mengutip Al Jazeera, Senin (6/6/2022), Sharma dilaporkan telah menghina Nabi Muhammad dan istrinya Aisyah, dalam acara debat TV pada minggu lalu. Sementara rekannya, Jindal, dilaporkan telah memposting twit tentang Nabi Muhammad, yang sekarang telah dihapus.

Atas pernyataannya yang kontroversial, BJP telah menangguhkan Sharma dari jabatannya, sementara Jindal dipecat dari partai.

Sementara Sharma melalui Twitter menulis bahwa komentarnya dibuat sebagai respons atas komentar yang menyebut tentang dewa Hindu. Akan tetapi, dia menekankan bahwa dirinya tidak pernah ada niat untuk menyakiti perasaan agama siapa pun.

"Jika kata-kata saya telah menyebabkan ketidaknyamanan atau menyakiti perasaan keagamaan siapa pun, saya dengan ini menarik pernyataan saya tanpa syarat," katanya di Twitter.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB

Fotokopi KTP Tidak Berlaku Lagi, Ini Penggantinya

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:05 WIB
X