OPM Akui Bakar dan Sandera Penumpang Pesawat Susi Air!

- Selasa, 7 Februari 2023 | 17:14 WIB
Ilustrasi senjata api (INDOZONE)
Ilustrasi senjata api (INDOZONE)

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat -Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) atau yang kerap disebut Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) angkat bicara terkait isu pembakaran pesawat Susi Air di Papua. OPM mengaku telah membaka pesawat, bahkan mereka menyebut menyandera para penumpang pesawat tersebut.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Jubir TPNPB-OPM, Sebby Sambom. Sebby menyebut laporan, yang diterima dari Panglima Pertahanan Kodap III Ndugama-Derakma, Brigjen Egianus Kogeya, menyebut pihaknya sudah membakar Pesawat Susi Air.

"Dilaporkan, bahwa kami TPNPB KODAP III Ndugama-Derakma sudah membakar  satu pesawat Jenis Susi Air nomor registrasi PK-BvY di Lapangan Terbang Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua," kata Sebby saat dikonfirmasi INDOZONE, Selasa (7/2/2023).

-
Pembakaran pesawat Susi Air di Papua (Dok TPNPB-OPM)

Baca Juga: DPR: Lukas Enembe Bisa Dijerat Pasal Terorisme jika Ada Aliran Dana ke OPM

Tak hanya melakukan pembakaran, Sebby menyebut pihaknya juga menyandera pilot dari pesawat tersebut.

"Pilotnya kami TPNPB Kodap III Ndugama-Derakma tahan dan dia menjadi sandera kami," beber Sebby.

Terkait kondisi pilot itu sendiri, Sebby menyebut pihaknya tidak akan melepas pilot tersebut kecuali Indonesia mau mengakui kemerdekaan Papua.

"Kami TPNPB Kodap III Ndugama-Derakma tidak akan pernah kasih kembali atau kasih lepas pilot yang kami sandera ini kecuali NKRI mengakui dan lepaskan kami dari negara Indonesia," kata Sebby.

Sebelumnya, pesawat Susi Air dikabarkan terbakar di Papua siang tadi. Pesawat, yang terbang dengan rute Timika-Paro-Timika ini, diduga kuat dibakar oleh KKB.

Kabar mengenai terbakarnya pesawat ini diawali lost contak pesawat pagi tadi. Pihak Susi Air mengerahkan pesawat lain, untuk melakukan pencarian dan didapati pesawat tersebut sudah dalam kondisi terbakar.

Baca Juga: Video KKB Bakar SMKN Oksibil Pegunungan Bintang Papua

Pesawat itu diketahui ditumpangi oleh lima orang. Kekinian, kelima orang tersebut belum diketahui keberadaanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X