Anggota DPR Minta Mendagri Selidiki Harta Sekda Riau: Bisa Kerja Sama dengan KPK

- Kamis, 23 Maret 2023 | 14:01 WIB
Mendagri Tito Karnavian (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Mendagri Tito Karnavian (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PAN, Guspardi Gaus, meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian turun tangan menindak Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, SF Hariyanto yang tengah disorot publik karena anak dan istrinya pamer kemewahan.

“Sungguh amat disayangkan tindakan dari istri Sekda Riau itu. Sikap hedon yang diperlihatkan di media sosial oleh keluarga pejabat, dinilai sebagai tindakan yang tidak wajar dan melukai hati masyarakat,” kata Guspardi kepada wartawan, Kamis (23/3/2023).

Menurutnya, Tito sebagai pembina aparatur sipil negara (ASN) harus mengambil tindakan yang tidak hanya sekadar teguran. Ia meminta, kekayaan SF Hariyanto diselidiki dan ditelusuri untuk mengetahui asal usul sumbernya.

-
Mendagri Tito Karnavian (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Baca Juga: Adem! Salat Tarawih di Rutan KPK, Imam dan Bilalnya Sesama Tahanan

"Hal itu bisa dilakukan dengan bekerja sama KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dan aparat penegak hukum (APH) lainnya," ujar Guspardi.

Gaya Hidup Mewah Pejabat Sakiti Rakyat

Lebih lanjut, Guspardi mengingatkan kepada seluruh pejabat dan ASN agar jangan memamerkan harta. Sebab, ASN harus menerapkan hidup sederhana dan tidak bermewah-mewahan. Hal tersebut juga sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) supaya jangan suka pamer harta.

"Saya merasa prihatin. Kondisi tentang adanya pamer kekayaan para pejabat. Harusnya, hal itu sesuatu yang mestinya dihindari oleh mereka," tutur Guspardi.

"Sikap-sikap hedonis, apalagi flexing yang dipamerkan di media sosial adalah sesuatu yang harus dihidari. Mestinya, mereka punya rasa empati kepada masyarakat miskin," imbuhnya.

Lebih lanjut, Guspardi menilai, gaya hidup mewah pejabat dan keluarganya akan melukai perasaan publik. Menurutnya, pejabat justru harus menjadi pemimpin yang selayaknya menjadi panutan masyarakat.

Baca Juga: Lukas Enembe Mogok Minum Obat, KPK Beri Respons Menohok

"Pemimpin dengan gaya hidup sederhana, namun kaya dengan gagasan dan menginspirasi serta tidak bersandar pada kehidupan yang menonjolkan unsur materialistis," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X