Isu Disharmonisasi Panglima TNI dan KSAD Diminta Tak Diperpanjang

- Selasa, 6 September 2022 | 11:27 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) berfoto bersama Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (kanan), KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman (kiri). (ANTARA/Muhammad Adimaja)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) berfoto bersama Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (kanan), KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman (kiri). (ANTARA/Muhammad Adimaja)

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid berharap isu disharmoni hubungan relasi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Dudung Abdurachman tidak diperpanjang.

Pasalnya, kata Meutya, baik Panglima dan KSAD sudah memberikan klarifikasi kepada DPR bahwa hubungan keduanya tidak masalah dan memastikan seluruh matra di TNI solid.

"Kalau hubungan terlalu pribadi kita tidak mengurus sampai terlalu detil ya, yang utama hubungan profesional keduanya berjalan baik. Panglima serta KSAD telah menjelaskan bahwa tidak ada masalah dari keduanya. Seluruh matra di TNI Insya Allah solid," kata Meutya Hafid dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Ia bilang KSAD Dudung sudah menghubungi komisi I setelah rapat kemarin. Di mana menyampaikan bahwa hubungannya dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa baik-baik saja, dan tidak ada disharmonisasi sebagaimana yang berkembang.

“Dari KSAD usai rapat Jenderal Dudung sudah menghubungi kami juga menyatakan hal serupa. Beliau minta maaf tidak dapat hadir, menjelaskan ketidakhadirannya semata karena ada urgensi beliau harus berangkat ke Lampung. Beliau menyampaikan hubungan dengan Panglima Andika baik baik saja dan dikala mana diperlukan penjelasan mengenai isu-isu aktual bersama Panglima TNI dan jajaran kepala staf dalam kesempatan berikutnya beliau akan hadir," katanya.

Kata Meutya, Panglima pun setelah rapat menepis anggapan adanya disharmoni antara dirinya dengan KSAD. Dia bilang jika relasi antara Panglima dan KSAD tidak terganggu dan tetap menjalankan tugasnya masing-masing.

"Dari Pak Andika, kemarin kan beliau hadir menjawab langsung. Saya rasa ke media juga beliau sudah menjelaskan relasi Panglima-KSAD tidak terganggu, bahwa mereka menjalankan tugas sesuai aturan dan tupoksi masing-masing," tegasnya.

BACA JUGA: DPR Singgung Isu Disharmoni Antara Panglima TNI dengan KSAD Dudung

Dugaan Disharmoni

Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon menyoriti adanya dugaan  disharmoni di dalam tubuh TNI. Salah satunya mengenai hubungan antara Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

Adapun kabar disharmoni Panglima dan Kasad itu turut di singgung Effendi dalam rapat Komisi I DPR terkait Rapat Pembahasan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) 2023 dan isu-isu aktual.

“Ingin penjelasan dari Jenderal Andika dan penjelasan dari Jenderal Dudung ada apa terjadi disharmoni begini ketidakpatuhan,” kata Effendi di ruang rapat Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/9/2022).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X