Anies akan Resmikan Jakarta International Stadium, Mengingat Lagi Sejarah Pembangunan JIS

- Minggu, 24 Juli 2022 | 13:09 WIB
Jakarta International Stadium (JIS). (Jafriyal Aba/IDZCreators)
Jakarta International Stadium (JIS). (Jafriyal Aba/IDZCreators)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan meresmikan Jakarta International Stadium (JIS) pada Minggu (24/7/2022). Peresmian ini menjadi acara puncak dari seluruh rangkaian pembukaan JIS yang berlangsung sejak April lalu.

Rangkaian acara peresmian akan berlangsung pada pukul 16.30 WIB dengan hiburan dari Dewa 19 deat Virza, Kotak dan Setia Band. Lalu diakhiri dengan pertandingan persahabatan antara Persija dengan Chonburi FC dari Thailand.

JIS memiliki sejarah panjang dalam pembangunannya. Pembangunan awal JIS  diinisiasi oleh Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta sebelum Joko Widodo di tahun 2008.

Baca juga: 5 Alasan Kamu Wajib Pakai Body Lotion Setiap Hari

Pada masa Foke -panggilan akbrab Fauzi Bowo- JIS, bernama Taman Bersih Manusia Wibawa (BMW) atau Taman BMW. Penggunaan BMW pun sempat tercetus sebagai nama stadion.

Saat itu Taman BMW memiliki luas 66,6 hektare yang didapat Pemprov DKI Jakarta dari utang penyediaan lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum tujuh perusahaan swasta.

Lanjut di era Joko Widodo harapan Jakarta untuk memiliki stadion terbuka kembali setelah Stadion Lebak Bulus dirobohkan untuk menjasi Stasiun MRT Lebak Bulus. Taman BMW pun dicanangkan menjadi lokasi stadion pengganti Stadion Lebak Bulus. 

Kemudian saat masa eks Wali Kota Solo tersebut Pemprov DKI Jakarta berhasil mebuktikan kepemilikan sertifikat Taman BMW.

Di era Gubernur Djarot Syaiful Hidayat, Pemprov DKI Jakarta akhirnya merealisasikan pembangunan JIS dengan peletakan batu pertama. Lewat tangan politikus PDIP tersebut izin hak pakai lahan dikantongi Pemprov DKI Jakarta yang terbit 18 Agustus 2017.

Dua tahun setelah peletakkan batu pertama pembangunan, Anies Baswedan yang benar-benar mewujudkan impian Jakarta memiliki stadion. Mantan Menteri Pedidikan dan Kebudayaan tersebut menunjuk BUMD, PT Jakarta Propertindo sebagai developer. Proyek ini pun rampung dalam waktu tiga tahun setelah memakan biaya sebesar Rp4,4 triliun.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

Penulis: Jafriyal Aba/IDZ Creators

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X