Luhut: Kita Tak Kenal Lockdown

- Selasa, 31 Maret 2020 | 14:55 WIB
Luhut Binsar Panjaitan (Instagram/@luhut.pandjaitan).
Luhut Binsar Panjaitan (Instagram/@luhut.pandjaitan).

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, menegaskan pemerintah tidak akan menerapkan lockdown atau karantina negara. Sebab, tidak tercantum dalam Undang-Undang kedaruratan yang menjadi dasar hukum. 

"Kita tidak kenal lockdown, tetapi kita kenal karantina di dalam UU-nya. Lockdown itu tidak semua berhasil, hanya Tiongkok yang berhasil. Korea tidak perlu lockdown juga dan di Jerman tidak. Kita jangan terus buru-buru me-judge atau memberikan komentar yang tidak pas," kata Luhut, Selasa (31/3/2020). 

Luhut mengatakan Indonesia memiliki keuntungan memerangi wabah virus corona (Covid-19), yaitu beriklim tropis. Virus itu, kata Luhut, tidak terlalu kuat seperti di negara lain karena iklim di Indonesia. 

"Sebenarnya itu Indonesia diuntungkan dari hasil penelitian, dengan temperatur yang tinggi, April mulai masuk ini, kemudian humidity yang tinggi, itu membuat Covid-19 itu sebenarnya relatif lebih lemah daripada di tempat lain," ungkapnya. 

Meski demikian, Luhut menilai pengidap virus corona yang jumlahnya terus meningkat di Indonesia karena sebagian besar masyarakat masih belum bisa menjalankan instruksi pemerintah, yakni social distancing secara disiplin. Dia meyakini situasi itu membuat penyebaran virus corona menjadi masif di Indonesia. 

"Kalau social distancing itu tidak juga ketat, terlalu banyak juga masih kumpul ramai-ramai, ya gak berlaku tadi mengenai keuntungan kita dari panas atau dari humidity yang baik tadi. Ini harus dicari keseimbangannya. Masalah penularan ini sangat kental dengan kalau kita tidak melakukan sosial distancing atau jaga jarak itu dengan baik," pungkasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X