Seorang Diduga Joki Tes CPNS Berhasil Kabur di Kabupaten Gowa

- Selasa, 4 Februari 2020 | 23:11 WIB
Pelaksanaan seleksi CPNS di Kabupaten Gowa yang berlangsung sejak 1-4 Februari 2020. (Photo/ANTARA/HO-Humas Gowa)
Pelaksanaan seleksi CPNS di Kabupaten Gowa yang berlangsung sejak 1-4 Februari 2020. (Photo/ANTARA/HO-Humas Gowa)

Seseorang diduga joki berhasil kabur setelah dicurigai oleh panitia seleksi (Pansel) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Gowa di hari terakhir pelaksanaan ujian. Upaya itu pun tergagalkan usai Pansel mengetahui aksinya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa, Muh Basir mengatakan bahwa aksi tersebut benar terjadi.

"Iya memang benar tadi panitia seleksi dari BKPSDM Gowa berhasil mengagalkan penggunaan jasa joki. Karena tahapan yang peserta harus lalui itu berlapis dan sangat ketat," katanya.

Awalnya, kartu tes joki itu dinilai mencurigakan karena sangat berbeda dengan stempel asli panitia pada kartu tesnya. Lalu panitia meminta KTP untuk diteliti dan dicocokkan dengan data pendaftaran.

"Dari sana data yang kami miliki ternyata berbeda," katanya.

Bersamaan dengan waktu pemeriksaan tersebut, peserta yang diduga joki itu meminta ijin ke toilet.

"Peserta minta ijin ketika data sementara dicocokkan. Karena mencurigakan sempat dibuntuti oleh panitia, namun peserta ini kabur. Sepertinya sudah ada temannya yang siap menjemput di parkiran," kata Basir.

Setelah ditelusuri, identitas joki itu dinilai bukan peserta.

"Peserta ini sudah panitia telusuri kehadirannya di lokasi ujian untuk periksa silang (cross check) data, yang bersangkutan memang tidak hadir hingga ujian selesai berlangsung," kata Kepala BKPSDM Gowa.

Artikel Menarik Lainnya: 

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X