Usai Lantik Kapolri Baru, Jokowi Lantik 9 Anggota Komisi Kejaksaan

- Jumat, 1 November 2019 | 10:27 WIB
Pelantikan 9 Anggota Komisi Kejaksaan. (BPMI).
Pelantikan 9 Anggota Komisi Kejaksaan. (BPMI).

Usai melantik Kapolri Baru Jenderal Idham Azis, Presiden Joko Widodo, langsung melantik 9 orang anggota Komisi Kejaksaan Periode 2019 - 2023, yang sudah melalui tahap seleksi.

Berdasarkan pasal 15 Peraturan Presiden Nomor: 18 Tahun 2011, Keanggotaan Komisi Kejaksaan meliputi unsur masyarakat sebanyak 6 (enam) orang, terdiri dari praktisi/akademisi hukum, tokoh masyarakat, dan/atau pakar tentang Kejaksaan. Lalu, mewakili pemerintah sebanyak 3 (tiga) orang yang berasal dari kalangan dalam maupun luar aparatur pemerintah.

"Demi Allah (bagi yang beragama Islam) saya bersumpah, bahwa saya akan setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan UU Dasar Negara Repulik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya pada bangsa dan negara,"

"Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjungjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,"

 

Anggota Komisi Kejaksaan yang dilantik Presiden Joko Widodo untuk 4 tahun mendatang diantarannya:

1. Ketua Komisi Kejaksaan Barita LH Simanjuntak (Wakil Pemerintah)
2. Wakil Ketua Komisi Kejaksaan Babul Khoir (Wakil Pemerintah)
3. Anggota Witono (Wakil Pemerintah)
4. Anggota Sri Harijati (Unsur Masyarakat)
5. Anggota Apong Herlina (Unsur Masyarakat)
6. Anggota Resi Anna Napitupulu (Unsur Masyarakat)
7. Anggota R. Muhammad Ibnu Mazjah (Unsur Masyarakat)
8. Anggota Bambang Widarto (Unsur Masyarakat)
9. Anggota Bhatara Ibnu Reza (Unsur Masyarakat)

Tugas Komisi Kejaksaan ini melakukan pengawasan, pemantauan, dan penilaian terhadap kinerja Jaksa dan pegawai Kejaksaan, melakukan pengawasan, pemantauan, dan penilaian terhadap sikap dan perilaku Jaksa dan pegawai Kejaksaan baik di dalam maupun di luar tugas kedinasan.

Selain itu, melakukan pemantauan dan penilaian atas kondisi organisasi, kelengkapan sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia di lingkungan Kejaksaan, serta menyampaikan masukan kepada Jaksa Agung atas hasil pengawasan, pemantauan, dan penilaian

Pelantikan Idham Azis dan 9 Anggota Komisi Kejaksaan, dihadiri para petinggi negara dan pejabat Polri, Kejaksaan serta Kabinet Indonesia Maju. 

Hadir Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Kemanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertahanan Prabowo serta para Ketua Umum Partai Politik seperti Surya Paloh.

 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Sah! Idham Azis Jadi Kapolri Baru

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X