Pendidikan Vokasi Prodi Komunikasi Banyak Dipilih Pendaftar SIMAK UI

- Senin, 22 Juli 2019 | 10:39 WIB
Dok. Universitas Indonesia
Dok. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia, menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan dikenal sebagai kampusnya anak-anak berprestasi. Sejak awal berdiri hingga sekarang, banyak sekali prestasi yang di ukir baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Hingga tidak heran, bila kampus yang memiliki almamater warna kuning ini banyak diminati oleh calon mahasiswa baru.

Dalam proses penerimaan mahasiswa baru tahun 2019, tercatat bahwa Program Studi Komunikasi menjadi prodi yang paling banyak dipilih, yaitu sebanyak 1.815 pendaftar pada Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) 2019.

-
Wikimedia

 

Pada Senin (21/7), Kepala Humas dan KIP UI Rifelly Dewi Astuti mengatakan bahwa selain Program Studi Komunikasi, pada program S1 Reguler, Prodi Ilmu Hukum menjadi prodi yang banyak dipilih oleh pendaftar.

"Untuk Program S1 Reguler, Prodi Ilmu Hukum dipilih oleh sebanyak 6.302 pendaftar dan menjadi prodi terbanyak dipilih," ungkap Humas dan KIP UI.

Rifelly juga mengatakan dalam upaya pemerataan kesempatan belajar di UI, SIMAK UI dilaksanakan secara serentak di beberapa kota di Indonesia sehingga siswa atau siapa pun yang ingin masuk UI dapat mengikuti seleksi di kota terdekat tanpa harus datang ke Kampus UI Depok.

Pelaksanaan ujian SIMAK UI 2019 akan dilaksanakan di sekolah dan universitas yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, yakni DKI Jakarta (lima wilayah kota), Depok, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Serang, Bogor, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, dan Makassar.

-
Dok. Universitas Indonesia

 

SIMAK UI merupakan program seleksi mahasiswa UI yang diselenggarakan oleh UI untuk semua program pendidikan dari jenjang Vokasi (Diploma 3), Sarjana (S1) Kelas Reguler, Paralel, Sarjana Kelas Internasional, Sarjana Kelas Ekstensi/Paralel bagi lulusan D3, Profesi, Magister, Spesialis, dan Doktoral (S3).

Melalui program SIMAK UI, calon mahasiswa program Vokasi dan Sarjana diperkenankan memilih lebih dari satu hingga maksimal enam program studi dengan sekali pendaftaran dan ujian.

Dalam pelaksanaan SIMAK UI jenjang Diploma Tiga dan Sarjana adalah Menulis Esai untuk mengukur motivasi dan kemampuan softskill serta Kemampuan Dasar seperti Matematika Dsaar,  BAhasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Untuk semua jurusan akan ditambah dengan Kemampuan IPA yang meliputi Matematika IPA, Biolohoi, Fisika, Kimia. Dan Kemampuan IPS yang terdiri dari Ekonomi, Sejarah, Geografi dan Sosiologi.

Untuk Kelas Internasional, materi seleksi SIMAK UI meliputi Mathematics, Biology, Physics, Chemistry (Natural Science) untuk pemilih program studi IPA dan Basic Mathematics, Economics, Indonesian and World History, Geography, Sociology (Social Science) untuk pemilih program studi IPS, di samping syarat TOEFL/IELTS dan wawancara bagi prodi tertentu.

-
Instagram/@ppdgsikgaui

 

Sedangkan untuk materi program pascasarjana dan profesi adalah Pengukuran Kemampuan Akademik/PEKA atau yang lebih dikenal dengan TPA serta Bahasa Inggris.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X