Sebuah Durian di Thailand Laku Dilelang Rp 681 Juta

- Senin, 10 Juni 2019 | 14:50 WIB
Shutterstock
Shutterstock

Salah satu durian termahal di dunia berjenis Kanyao di Thailand mencuri perhatian para pecinta buah dalam sebuah acara lelang di Nonthaburi, Thailand belum lama ini.

Jelas saja, sebuah durian tersebut laku dilelang dengan harga yang mencapai 1,5 juta baht atau sekitar Rp 681 juta. Padahal sebelumnya, pihak panitia membeli buah durian tersebut di kebunnya dengan harga 20.000 baht atau sekitar Rp 9 juta.

Dengan begitu, durian Kanyao yang dipilih karena bentuk dan kematangannya yang sempurna tersebut berhasil mengalahkan rekor sebuah durian pada tahun lalu yang laku dilelang seharga 800.000 baht atau sekitar Rp 362 juta di Festival King of Durian.

Selain Kanyao, durian Monthong dan Kop Med Tao juga dipamerkan dalam acara tersebut dan harganya mencapai 300.000 baht atau sekitar Rp 135 juta.

Maliwan Han Chai Tai, seorang pemilik kebun Pa Toi Lung Mu yang menanam durian tersebut saja merasa tidak menyangka dengan harga jual dari durian Kanyao itu.

"Saya tahu durian ini sangat istimewa tapi saya terpukau dengan nilai jualnya. Saya tadinya berpikir akan terjual seharga 1 juta baht, jadi rasanya senang karena harganya lebih dari itu."

"Saya harap pembeli bisa menikmati durian itu. Jenis itu memang paling enak sedunia dan kami akan terus menanamnya," kata dia.

Diketahui, durian seharga 1,5 baht juta itu dibeli oleh seorang pengusaha kaya raya setempat. Nantinya, total pelelangan yang mencapai 4,5 juta baht akan disumbangkan kepada petani dan sebagiannya lagi ke yayasan lokal untuk membeli peralatan medis rumah sakit.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X